Madrid Amankan Tiket Perdelapan Final, Inter Milan Hanya Berakhir Seri Lawan Shakhtar Donetsk


Unggul segalanya pada laga kontra Borussia Mönchengladbach, Real Madrid memastikan lolos ke babak 16 besar atau babak perdelapan final Liga Champions 2020-2021.

Hasil ini dipastikan setelah sukses membekuk tim tamu Borussia Mönchengladbach dengan skor  2 :  0, ketika berlaga di Stadion Alfredo Di Stéfano, Valdebebas, Madrid, Spanyol.

Pada laga tersebut, stiker Real Madrid, Karim Benzema mampu menjebol gawang Borussia Mönchengladbach dua kali pada babak pertama menit ke-9 dan menit ke-31.

Gol pertama terjadi berkat assist dari pemain belakang Real Madrid, Lucas Vázquez (17), dan gol kedua melalui umpan yang diberikan striker muda Real Madrid, Rodrygo Goes (25).

Pada pertandingan yang berlangsung dua babak penuh selama 90 menit plus waktu tambahan 3 menit tersebut, Real Madrid bermain dengan kualitas di atas segala-galanya dibanding lawannya,  Borussia Mönchengladbach.

Los Blancos menguasai jalannya pertandingan dengan mendominasi bola hingga 64% atau hampir 2/3 pertandingan, dengan kualitas akurasi operan yang juga sangat baik mencapai 90% atau artinya hanya terjadi satu kesalahan umpan dari 10 umpan yang dilakukan.

Madrid pun yang memasang formasi 4-3-3, memiliki kesempatan membuat percobaan tendangan ke arah gawang yang jauh lebih baik dibanding lawannya, disertai dengan akurasi jauh lebih efektif dan konversi gol yang tentu saja lebih efisien.

Selama dua babak penuh,  El Real melakukan 17 kali percobaan tendangan ke arah gawang, 7 kali di antaranya tepat sasaran dan 2 kali di antaranya terkonversi menjadi gol.

Sementara, Borussia Mönchengladbach dengan formasi 4-2-3-1, hanya mampu melakukan 7 kali percobaan tendangan ke arah gawang, dengan hanya 1 kali tepat sasaran dan tidak ada satu pun yang terkonversi menjadi gol.

Pada laga lainnya dengan group yang sama dengan Real Madrid versus Borussia Mönchengladbach, yakni laga Inter Milan versus Shakhtar Donetsk hanya menghasilkan skor akhir seri untuk kedua tim.

Sesungguhnya pada laga tersebut,  Inter Milan hampir unggul segalanya dibanding dengan lawannya, Shakhtar Donetsk.  Inter Milan lebih menguasai jalannya pertandingan, akurasi umpannya jauh lebih baik, percobaan tendangan ke arah gawangnya jauh lebih banyak, akurasi tendangan tepat sasarannya juga demikian.

Namun sayangnya, lini pertahanan Shakhtar Donetsk yang bekerja cukup baik dan solid sehingga tidak satu pun upaya serangan Inter Milan untuk mencetak gol, akhirnya tidak mampu menggetarkan gawang Shakhtar Donetsk.

Hasil ini akhirnya memastikan Real Madrid memuncaki klasemen akhir group B dengan raihan 10 poin dan Borussia Mönchengladbach dengan mengumpulkan 8 poin menjadi runner up group B Champions 2020--2021, sehingga keduanya lolos ke babak selanjutnya.

Sebenarnya Borussia Mönchengladbach dan Shakhtar Donetsk sama-sama mengumpulkan 8 poin dari  6 pertandingan yang dijalani dengan melibatkan 4 tim dengan sistem home-away (kandang-tandang) pada babak penyisihan group B Liga Champions 2020-2021.

Namun, pada laga head to head antara kedua tim, Borussia Mönchengladbach selalui keluar sebagai pemenang mengungguli Shakhtar Donetsk, baik ketika laga kandang maupun laga tandang, baik pada laga putaran ketiga maupun putaran keempat penyisihan group B bagi kedua tim.