Lima Pemain Belakang Chelsea yang Memiliki Naluri Menyerang


Pencapaian Chelsea saat ini hingga memasuki pekan ke-16 putaran Liga Premier Inggris 2020-2021 yang bertengger di peringkat keenam klasemen sementara ketika sebelumnya sempat terseok di awal putaran liga tidak terlepas dari kontribusi para pemain lini belakang.

Permainan Chelsea terus membaik di lapangan hijau meski sempat tersendat, salah satu faktornya adalah lini pertahanan Chelsea kini semakin rapat saat berlaga di Liga Premier musim ini, para pemain belakang yang dipasang dalam formasi empat bek juga memberikan kontribusi besar di lini depan.

Keberhasilan ini dapat terlihat dari kecenderungan potensi torehan clean sheet bisa menjadi lebih baik ketika melihat fakta dari sepertiga musim yang telah dijalani, yang menandai peningkatan besar dibanding Liga Premier 2019/20 ketika hanya berhasil mencetak sembilan clean sheet selama 38 pertandingan.

Pada laga melawan West Ham United dengan kemenangan 3-0, yang merupakan clean sheet keenam Chelsea di liga hanya setelah menjalani 14 pertandingan liga, menegaskan para pemain bertahan Chelsea telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menjaga bola jauh dari area gawang.

Bahkan, beberapa gol yang menyumbang keunggulan ataupun sekedar menipiskan ketertinggalan atau menyamakan kedudukan juga sebagian dari kontribusi para pemain lini belakang Chelsea yang dinilai tidak hanya menjaga lini pertahanan, akan tetapi melakukan serangan, dengan menyumbang sembilan gol dan enam assist sampai saat ini.

Lima pemain lini belakang Chelsea yang menonjol dan memiliki naluri untuk menyerang, serta mengancam lini pertahanan lawan dan bahkan membobol gawang lawan, sebagaimana dilansir dalam laman resmi Chelsea tersebut antara lain:  Kurt Zouma, Thiago Silva,  Ben Chilwell,  Reece James dan Cesar Azpilicueta.

1. Kurt Zouma dengan mengemas empat gol, Zouma adalah bek dengan pencetak gol terbanyak di Premier League dan hanya kalah dari total lima gol milik Tammy Abraham.

2. Thiago Silva, pemain ini pernah menjadi momok Chelsea melalui gol kemenangannya untuk Paris Saint-Germain (PSG) di Stamford Bridge pada babak 16 besar Liga Champions 2015, tetapi ketika membela Chelsea pada musim ini, mampu menjaga soliditas lini pertahanan dan menyumbangkan dua gol di ajang liga untuk The Blues.

3.  Ben Chilwell, dalam penampilan liga pertamanya untuk The Blues, bek kiri Inggris itu membuka skor dan sekaligus memberikan umpan silang kepada Zouma untuk mencetak gol kedua kami dalam kemenangan 4-0 di Crystal Palace.  Pamain ini juga mencetak gol dalam kemenangan 4-1 atas Sheffield United dan membuat assist untuk gol Timo Werner melawan Southampton dan Olivier Giroud melawan Wolves untuk memberinya dua gol dan tiga asis setelah hanya 11 pertandingan liga untuk Chelsea.

4. Reece James, gol menakjubkannya di Brighton adalah Gol Terbaik Bulan September Chelsea dan pemain internasional Inggris itu juga memberikan dua assist untuk Zouma melawan Brighton dan Giroud melawan Leeds. 

5. Cesar Azpilicueta, telah mengalami pengurangan menit bermain di Premier League sebagai hasil dari performa luar biasa James, tetapi pemain ini telah memberikan assist kepada kapten tim Chelsea dan telah membantu Mount untuk mencetak gol melawan West Bromwich Albion.

Melihat fakta-fakta tersebut, maka tidak dapat disangkal lagi bahwa kelima pamain ini,  Kurt Zouma, Thiago Silva,  Ben Chilwell,  Reece James dan Cesar Azpilicueta. di samping mampu memerankan sebagai pemain lini belakang, ternyata juga cukup tajam dalam memainkan serangan membahayakan gawang lawan.


Artikel Terkait