Kombinasi Dominasi Bola dan Efektivitas Serangan, Arsenal Menang Telak Atas Rapid Wina


Arsenal menang mudah atas tim tamunya, Rapid Wena dalam laga lanjutan penyisihan Group B putaran kelima dari total 6 laga group Liga Eropa 2020-2021.  Arsenal membekuk Rapid Wena dengan skor sangat meyakinkan 4  :  1 hingga pertandingan dua babak penuh usai.

Sedari awal pertandingan dikuasai tim tuan rumah, Arsenal sehingga tiga gol untuk keunggulan Arsenal tercipta pada babak pertama dan hanya satu gol yang bersarang ke gawang Rapid Wena terjadi pada babak kedua.

Pada pertandingan kali ini, Arsenal bermain dengan formasi 4-2-3-1 yang dikenal dengan strategi transisi cepatnya dari posisi menyerang ke bertahan dan sebaliknya karena posisi para pemain antar lini saling berdekatan secara vertikal, sedangkan Rapid Wena menerapkan formasi defensif 3-5-2.

Formasi 3-5-2 tidak banyak membantu tim tamu, Rapid Wena terbukti pada babak pertama saja sudah kebobolan tiga gol, akan tetapi bekerja cukup efektif pada babak kedua, terbukti dengan terciptanya gol di awal babak kedua, meski tetap harus kemasukan 1 gol tambahan.

Dominasi penguasaan bola Arsenal hingga mencapai 71% dengan jumlah operan hingga 617 kali dan akurasi operan 86% dibanding penguasaan bola Rapid Wena hanya 29%, jumlah operan 258 kali dan akurasi operan hanya 68%.

Fakta ini menegaskan bagaimana Arsenal sangat menguasai jalannya pertandingan dan berhasil menekan Rapid Wena, kemudian mengefektifkan serangan sehingga mampu melakukan percobaan tendangan ke arah gawang hingga mencapai 22 kali, 11 kali di antaranya tepat sasaran dan 4 kali terkonversi menjadi gol.

Sekali lagi, permainan formasi 4-2-3-1 Arsenal yang bekerja baik menyebabkan terjadinya kombinasi penguasaan permainan dan efekticitas serangan secara sekaligus, sehingga mampu membuat tim tamu, Rapid Wena merasa tidak punya cukup ruang untuk bergerak dan menyerang.

Terbukti dengan akurasi umpan Rapid Wena, yang hanya 68% dan tidak memiliki cukup ruang untuk melakukan serangan, sehingga hanya mampu melakukan percobaan tendangan ke arah gawang 7 kali, 3 kali di antaranya mencapai sasaran dan 1 kali berbuah gol. 

Hasil pertandingan memperkokoh posisi Arsenal di puncak klasemen sementara dan tidak akan tergolahkan apapun hasilnya pada laga putaran terakhir (laga keenam) Group B Liga Eropa 2020-2021, yang dihuni Arsenal, Molde, Rapid Wena, dan Dundalk.