Kesan Positif Penyerang Muda Southampton Atas Kemenangan Manchester City

Pertandingan Manchester City ketika harus menghadapi Southampton pada putaran laga Liga Premier Inggris 2020-2021 pekan ke-14, yang memasuki putaran ke-13 bagi City berakhir dengan raihan poin penuh  meski dari skor tipis 1  :  0 untuk keunggulan The Citizens.

Tidak seperti biasanya, Manchester Cioty hanya sedikit mendominasi permainan dan melakukan serangan yang sedikit lebih efektif dibanding Southampton sepanjang pertandingan, yang berlangsung selama 45 x 2 menit dengan waktu tambahan 6 menit di babak kedua.

Setidaknya, Manchester City menguasai 52% jalannya pertandingan, berbanding 48% untuk Southampton, dengan perbandingan jumlah operan bola yang juga sedikit lebih dominan Manchester City, sehingga praktis bisa dikatakan dominasi bola The Citizens semata-mata kerena akurasi operan yang lebih baik.

Melalui penguasaan bola yang sedikit lebih dominan, The Citizens memanfaatkannya dengan sangat baik untuk dioptimalkan melakukan percobaan tendangan ke arah gawang dengan intensitas yang lebih tinggi dibanding yang dilakukan Southampton, sehingga menghasilkan tendangan mencapai sasaran 5 berbanding 3 untuk dominasi Manchester City.

Bagi Manchester City, hanya butuh waktu 16 menit di awal babak pertama bagi Manchester City untuk menggetarkan gawang Southampton, ketika Kevin De Bruyne (17) memberikan assist kepada Raheem Sterling (7) dan kemudian mampu dikonversi menjadi gol.

Setelah itu praktis tidak ada gol tambahan dari Manchester City maupun tidak ada satupun gol balasan tercipta dari permainan Southampton, baik pada sisa babak pertama ataupun ketika babak kedua berlangsung ditambah 6 menit perpanjangan waktu.

Nathan Tella, seorang pemain muda Southampton yang diturunkan pada menit ke-41 oleh sang manajer, memberi kesaksian bagaimana perlawanan timnya menghadapi kekuatan The Citizens yang dikenal dengan dominasi penguasaan bolanya kala menghadapi lawan-lawannya.

Penyerang ini dimasukkan ke permainan dari bangku cadangan pada menit ke-41 setelah pemain lainnya, Danny Ings tertatih-tatih karena cedera, mendorong pemain berusia 21 tahun itu menjadi sorotan melawan salah satu tim top Eropa.

Nathan Tella menilai dan percaya penampilan Southampton melawan Manchester City membuktikan seberapa jauh tim telah berkembang sepanjang musim ini, terlepas dari kekalahan 1-0 di St Mary's.

"Sebagai tim kami tahu kami menghadapi lawan yang sangat bagus - tim yang senang menguasai bola,  Kami tahu apa yang harus kami lakukan dan lakukan. Jelas mereka mendapat gol awal, tetapi saya tidak merasa bahwa kami pernah keluar dari permainan" kata Tella.

Striker muda ini manambahkan, “Itu adalah pertandingan yang sulit melawan tim yang selalu memiliki penguasaan bola, tetapi saya merasa tim memberi saya kepercayaan diri - mereka memberi tahu saya bagaimana cara bermain, apa yang harus dilakukan, dan bagaimana menekan".

Tella, yang baru-baru ini mencetak empat gol di babak pertama melawan Leicester untuk tim Saints 'B, mengaku menikmati kesempatan untuk menguji dirinya sendiri melawan elit Liga Premier, dan sekarang berharap lebih banyak kesempatan untuk tampil mengesankan.

Saya merasa ini adalah kesempatan bagi kami untuk mendapatkan tiga poin, tetapi saya masih senang dengan diri saya sendiri. Ini sangat membantu saya, karena ini adalah pertandingan dan lawan yang ingin Anda lawan. Ini semua tentang pengalaman, jadi Anda tahu apa yang diharapkan lain kali", tandas Tella.