Juventus Layak Menang, Unggul Segalanya Meski Pertahanan Genoa Sangat Solid

Juventus harus menjalani laga tandang melawan Genoa pada putaran pekan ke-11 Serie A Italia, pada hari Senin, 14 Desemeber 2020 dini hari wib di Stadion Luigi Ferraris, Via Giovanni De Prà, 1 16139 Genova (GE), Italia.

Pada laga tersebut, Nyoya Tua harus menghadapi solidnya lini pertahanan Genoa yang sangat sulit ditembus melalui berbagai macam serangan yang secara konsisten terus dimainkan hingga laga memasuki babak kedua.

Meski Juventus unggul segala-galanya dalam permainan, mulai dari penguasaan bola hingga 70%, akurasi operan 87% berbanding hanya  68%, percobaan tendangan ke arah gawang hingga 18 kali berbanding hanya 3 kali, dan tendangan teoat sasaran 10 kali berbanding hanya 2 kali.

Namun tetap saja, para pemain Juventus kesulitan menggedor pertahanan lawan.  Para pemain Genoa sangat kompak menjaga pertahanan dengan baik, tanpa menyerah menekan untuk memberikan perlawanan menghilangkan tekanan. 

Menit demi menit berlalu, pada akhirnya Juventus memimpin terlebih dahulu melalui aksi Dybala (10) yang mampu mencetak gol pada menit ke-57 dengan memanfaatkan umpan Weston McKennie (14), yang bermanuver sedikit menuju ke tengah dan melepaskan tembakan berbuah gol.

Namun keunggulan Juventus ini tidak bertahan lama,  ketika Stefano Sturaro (27) mencetak gol untuk Genoa pada menit ke-61 dengan memaksimalkan umpan silang Pellegrini (88) dari sisi kiri lini serang Genoa mengarah ke sisi kanan mendekati gawang Juventus.

Juventus yang mendapati keunggulannya sirna terlecut motivasinya melakukan serangan menekan lawan hingga sampai lini pertahanan Genoa, sehingga praktis pertahanan Genoa terjaga solid.  Perin mampu mengantisipasi sundulan Ronaldo yang dalam posisi sangat bagus dekat gawang.

Namun solidnya pertahanan Genoa akhirnya menjadi senjata makan tuan ketika sliding tidak sempurna Rovella (65) menjatuhkan Cuadrado (16) di kotak terlarang dan Genoa mendapat sanksi penalti. Hadiah penalti dieksekusi Ronaldo (7) dengan sempurna berbuah keunggulan bagi Juventus pada menit ke-78.

Tendangan penalti kedua Ronaldo (7) pada menit ke-89 mampu menggandakan keunggulan untuk Juventus atas Genoa, setelah terjadinya pelanggaran yang dilakukan penjaga gawang Genoa, Mattia Perin (1) terhadap Alvaro Morata (9) di depan gawang ketika mengantisipasi bola.

Kedudukan 1  ;  3 untuk keunggulan tim tamu Juventus atas tim tuan rumah Genoa bertahan hingga pertandingan berakhir dalam waktu 90 menit ditambah 4 menit perpanjangan waktu.  Hasil ini memposisikan Juventus bertengger di peringkat keempat dan Genoa harus puas menghuni peringkat ke-19 papan klasemen sementara Serie A Italia 2020-2021.