IAPLC Adakan Kontes Online "Tata Letak Tanaman Aquarium" 2021 Berhadiah 200 juta

Kabar gembira bagi penggemar dan penghobi tata letak tanaman dalam aquarium atau lebih dikenal dengan istilah lebih singkat aquascape (Aquarium Landscape) di seluruh dunia, termasuk para penghobi di tanah air.

IAPLC (The International Aquatic Plants Layout Content)  menyelenggarakan kontes tata letak tanaman akuatik internasional tahun 2021, dimana rencananya kontes akan mulai dibuka pada tanggal 1 April 2021 (Standar Waktu Jepang) dan ditutup tanggal 31 Mei 2021 pukul 24.00 (Standar Waktu Jepang).

Pengumuman pemenang peringkat dunia direncanakan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2021 (Standar Waktu Jepang), yang secara detail lebih lanjut akan diumumkan pada situs web resmi IAPLC (iaplc.com).

Pemenang peringkat dunia dari peringkat pertama hingga peringkat ke-27, dijanjikan akan mendapatkan hadiah uang dengan total senilai hampir 200 juta rupiah (untuk kurs pada saat artikel ini ditulis), dengan pemenang pertama akan mendapatkan hadiah uang sekitar 135 juta rupiah.

Selain hadiah berupa uang, pemenang pertama sampai pemenang ke-7 akan mendapatkan trofi, medali 100 besar, dan sertifikat.  

Kemudian, pemenang ke-8 sampai pemenang ke-27, akan mendapatkan medali 100 besar dan sertifikat, dan terakhir pemenang ke-28 hingga pemenang ke-100, akan mendapatkan sertifikat.

Bagi yang belum mengenal aquascape, sebagai gambaran singkatnya adalah kerajinan atau keterampilan seni menata dam memadupadankan berbagai tanaman air dalam sebuah aquarium baik terbuka maupun tertutup.

Berbagai perpaduan tanaman air tersebut kemudian dikonfigurakan dengan berbagai susunan bebatuan, batu, gua, atau kayu apung atau lainnya, dengan cara menyenangkan dan bernilai estetis, layaknya berkebun dalam air. 

 

Siapa IAPLC?

The International Aquatic Plants Layout Content atau Kontes Tata Letak Tanaman Akuatik Internasional (IAPLC) adalah acara kontes tanaman akuarium kelas dunia yang diluncurkan pada awal abad ke-21. 

The International Aquatic Plants Layout Contest (IAPLC) memiliki sejarah 20 tahun menyelenggarakan kompetisi dengan platform internasional untuk berbagai “tata letak tanaman air”.

Sejak kontes pertamanya digelar, yang menerima total 557 entri peserta dari 19 negara, IAPLC telah berkembang  pesat baik dari segi jumlah entri atau peserta dan jumlah negara asal dari peserta. 

Sekarang ini adalah kontes akuarium terbesar di dunia dengan total lebih dari 2.000 peserta dari lebih dari 60 negara di seluruh dunia. 

Tujuan utama IAPLC adalah agar para penghobi dapat berbagi dan menikmati hobi tanaman hias  dengan orang-orang di seluruh dunia, sambil menikmatinya sebagai aktivitas individu yang menyenangkan.

Sehingga diharapkan konten ini menjadi media saling menginspirasi tanpa membedakan gaya tata letak, dan kini aquascape yang dibuat dengan pemikiran peserta tumbuh menjadi sesuatu yang dapat dibagikan.

Bahkan bisa dibagikan dan dinikmati oleh teman-teman di seluruh dunia dan orang-orang yang tertarik dengan hobi menanam akuarium, meskipun bukan bagian dari para peserta. 

Oleh karena itu, menjadi menyenangkan bergabung dengan kontes ini, untuk menunjukkan hasil kreasi pekerjaan yang menjadi kebanggaan untuk dinikmati seluruh dunia.

Untuk lebih jelasnya silahkan cek langsung di laman resminya, di sini.   Catatan:  Alamat websitenya masih menggunakan http belum https, sehingga akan muncul peringatan tidak aman, asal tidak digunakan untuk melakukan transaksi finansial atau tidak untuk menyetor data finansial tidak menjadi masalah.