Daftar Sebelas Aktor Korea Terbaik Tahun 2020 Versi Media Soompi

Mungkin di Indonesia, publik penggemar drama Korea sudah cukup familiar dan menjadi pengagum  beberapa aktor seperti Lee Min Ho, Rain, So Ji Sub, Song Joong Ki, Lee Seung Gi, Gong Yoo, Kim Soo Hyun, Jo In Sung, Hyun Bin, dan Park Bo Gum.  

Maka mungkin atau bisa jadi ada di antara aktor-aktor yang populer di Indonesia tersebut menurut perspektif Soompi dinilai sebagai bagian dari sepuluh plus satu aktor terbaik dari yang terbaik, sebagaimana yang dirilis Soompi pada tanggal 11 Desember 2020 beberapa hari yang lalu.

Soompi sendiri adalah sebuah media online berbahasa Inggris yang menyediakan liputan mengenai budaya pop Korea.  Media ini menjadi salah satu komunitas K-pop terbesar secara internasional, dimana forumnya. mendapatkan kunjungan lebih dari 7.500\.000 orang per bulan.

Sejak akhir tahun 1990-an sebagai awal pendiriannya, Soompi tumbuh menjadi sumber tepercaya bagi budaya populer Korea, menjadi salah satu media online dengan operasional terlama, dan yang paling sering dikunjungi karena menyediakan ulasan mengenai musik K-pop.

Berbekal track record sebagai media online budaya Korea Selatan terdepan dan terpercaya secara internasional, Soompi merilis beberapa aktor Korea Selatan yang disebutnya layak sebagai aktor terbaik dari yang terbaik, dengan menyusun sepuluh plus satu aktor di antaranya.

Soompi berpandangan bahwa Naskah K-drama bisa menjadi luar biasa, tetapi tanpa aktor yang tepat yang menghidupkan cerita, drama tidak akan pernah mencapai potensi penuhnya. Tahun 2020 telah menghadirkan banyak K-drama hebat dengan aktor luar biasa.

Dalam daftar aktor terbaik versinya, Soompi memperlihatkan beberapa wajah yang tidak asing dan beberapa wajah yang sudah lama tidak dilihat, tetapi satu hal yang pasti, para aktor ini memberikan segalanya dalam peran masing-masing. 

Beberapa dari sepuluh plus satu aktor Korea Terbaik tahun 2020 yang dihadirkan versi Soompi adalah Park Bo Gum, Nam Joo Hyuk, Jo Jung Suk, Joo Ji Hoon, Park Seo Joon, Namgoong Min, Kim Soo Hyun, Lee Joon Gi, Lee Dong Wook, dan Hyun Bin.

1.  Park Bo Gum

Soompi menilai aktor satu ini layak dimasukkan sebagai salah satu aktor terbaik mengingat tahun ini adalah tahun yang besar bagi Park Bo Gum saat ia membintangi drama dewasa TVN "Record of Youth" serta film thriller sci-fi "Seo Bok" bersama Gong Yoo. 

Eksistensi sosok seorang Park Bo Gum yang digambarkan sebagai sosok model yang berjuang keras untuk mencapai mimpinya menjadi seorang aktor menunjukkan sejauh mana tingkat kedewasaannya sebagai seorang aktor. 

Meskipun sisi manis dan romantis dari Park Bo Gum sempurna, namun justru suatu adegan di mana dirinya bertindak sebagai seorang bocah nakal yang kasar merupakan bagian yang benar-benar menonjol, dan itu penopang yang sangat bagus.

 

2.  Nam Joo Hyuk

Soompi memberikan gambaran pada aktor yang dinilai layak disebut salah satu aktor terbaik dari yang terbaik satu ini di tahun 2020.  Digambarkan tahun 2020 terbukti menjadi tahun yang sangat sibuk dan sukses bagi Nam Joo Hyuk. 

Aktor yang pada tahun 2020 ini membintangi drama fantasi sci-fi "The School Nurse Files", memerankan tokoh cerita sebagai seorang sosok guru Cina yang sangat tidak sadar dan menyendiri bernama Hong In Pyo. 

Karakternya sangat berbeda dari yang dimainkanya pada peran sebelumnya. Tapi peran yang benar-benar bersinar di tahun ini adalah memerankan sosok Nam Do San yang penuh perhatian dan manis dalam drama hit "Start-Up."

Apabila fakta ini belum dianggap cukup, maka Nam Joo Hyuk saat ini juga sedang membintangi film "Josée" sebagai Young Seok yang rentan dan sensitif.  Meskipun baru dirilis, perannya adalah salah satu yang sudah banyak dibicarakan.


3.. Jo Jung Suk

Soompi menilai peran menonjol Jo Jung Suk ketika memainkan sebagai aktor komedi dengan sangat baik, dan banyak dari fakta tersebut menegaskan bahwa dirinya sejatinya memang lucu secara alami. 

Perannya dalam serial TVN "Hospital Playlist", peran Jo Jung Suk sebagai ahli bedah andal, Lee Ik Joon, menampilkan sosok lucu dan mengharukan. Orang-orang benar-benar dihibur oleh Jo Jung Suk karena dirinya mampu memberikan komedi, bromance, dan romansa yang menghibur. 

Polti karakternya mengharuskan dirinya tampil sebagai sosok yang jenius, sekaligus ceroboh dan lucu, dan Jo Jung Suk dinilai mampu melakukan semuanya dengan baik. Soompi berharap menantikan untuk melihatnya bermain lagi sebagai Lee Ik Joon di musim kedua.

 

4.  Joo Ji Hoon 

Soompo menggambarkan eksistensi Joo Ji Hoon dalam seni peran, dengan menyebut dirinya telah menyibukkan dirinya pada tahun 2020, dengan membintangi SBS "Hyena" sebagai pengacara yang memancarkan kepercayaan diri dan karisma. 

Pada peran dalam SBS "Hyena" tersebut, Joo Ji Hoon dinilai mampu secara begitu baik menggambarkan momen-momen krusial yang terjadi dalam cerita, di tengah rasa percaya diri sebagai seorang pengacara. 

Selain proyek ini, Joo Ji Hoon juga membintangi sekuel dari drama zombie terkenal "Kingdom." Joo Ji Hoon memerankan sebagai sosok Lee Chang yang dinilai menampilkan kesempurnaan dan Soompi menganggap sangat menyenangkan melihatnya mengulangi perannya.


5.  Park Seo Joon

Kali ini Soompi menilai bahwa aktor Park Seo Joon layak menjadi bagian dari aktor terbaik dari yang terbaik berkat perannya ketika membintangi JTBC "Itaewon Class" sebagai Park Sae Ro Yi, seorang pemilik restoran yang ingin balas dendam pada pria yang bertanggung jawab atas pembunuhan ayahnya.

Kali ini, Park Seo Joon benar-benar dikenal sebagai sosok karakter yang diperankannya, yang  berbeda dari drama komedi romantis biasa yang pernah dilakukannya pada masa lalu, dan dirinya bisa menunjukkan kemampuan serba bisanya sebagai seorang aktor.

Satu-satunya adegan yang membuat para penggemarnya mengagumi dengan kemampuan dan bakat aktingnya adalah ketika memainkan adegan menangis setelah ayahnya meninggal. Berkat adegan itu, teman baiknya Choi Woo Shik bahkan memberikan pujian.


6.  Namgoong Min

Soompi memasukkan aktor ini sebagai salah satu aktor terbaik dari yang terbaik berkat perannya dalam membintangi drama bisbol "Stove League" sebagai Baek Seung Soo, manajer tim bisbol yang tampaknya tidak bisa menang.

Serial ini ditayangkan perdana pada akhir 2019 dan terbukti menjadi tayangan drama Korea favorit di antara penonton K-drama. Orang-orang tidak hanya menyukai ceritanya, tetapi juga suka melihat cara-cara yang tidak terduga dan unik dari karakter peran Namgoong Min ketika mengelola timnya. 

Kehadiran aktor Namgoong Min di layar televisi selalu terasa begitu kuat, dan dirinya benar-benar mampu memainkan peran ini secara sangat seimbang. Seung Soo menampilkan diri tampak seperti manajer yang apatis, tetapi memiliki hati yang besar. 

Soompi menilai memainkan peran dengan penuh kehalusan itu mungkin cukup sulit untuk diperlihatkan di layar kaca, namun Namgoong Min dianggap mampu melakukan tugasnya dalam memainkan perannya dengan sempurna.

 

7.  Kim Soo Hyun

Soompi menilai tahun 2020 adalah tahun yang besar bagi Kim Soo Hyun saat ia kembali ke layar kaca melalui peran Moon Kang Tae di tvN "It's Okay to not be Okay."  Itulah sebabnya Soompi memasukkan aktor ini sebagai salah satu aktor terbaik dari yang terbaik 2020.

Perannya dalam serial ini bukan hanya membuktikan sebagai proyek pertama Kim Soo Hyun sejak dirinya keluar dari militer, tetapi ini adalah drama pertama baginya sejak membintangi "The Producers" yang tayang pada tahun 2015. 

Kembalinya ke dunia akting yang sangat dinanti-nantikan banyak penggemarnya, yang dinilai Soompi tidak mengecewakan karena eksistensi perannya mampu menggambarkan segala sesuatu yang diharapkan penonton. 

Soompi menjelaskan kehadiran sosok dirinya yang menawan dan lucu, dan kemampuannya untuk memikat hati penikmat aktingnya melalui sosok peran yang dimainkannya dalam menjalin hubungan dengan kakak laki-lakinya yang autis tak terlupakan.

 

8.  Lee Joon Gii

Untuk sosok aktor satu ini, Soompi menilai layak dimasukkan sebagai bagian dari aktor terbaik dari yang terbaik 2020 semata disebabkan peran Lee Joon Gi yang membintangi bersama Moon Chae Won dalam film thriller misteri " Flower of Evil ". 

Kemampuan dirinya memerankan sebagai sosok Baek Hee Sung, seorang suami yang sempurna dan ayah yang menyayangi seorang gadis kecil, dimana secara kasat mata dirinya sempurna, tetapi ada kehidupan lain yang dijalaninya, kehidupan yang dipenuhi dengan pembunuhan, penipuan, dan kebohongan. 

Pada suatu momen adegan tertentu, penampilan peran Lee Joon Gi sebagai sosok Baek Hee Sung dapat berubah dari sosok yang terlihat polos dan manis menjadi sosok yang menampilkan dirinya sebagai orang dengan seringai yang jahat. 

Penampilan kepribadian dan karakter dalam peran ini sangat menarik untuk dilihat, itu akan membuat penontotn merinding. Tak perlu dikatakan, Lee Joon Gi mampu memainkan peran ini dengan sangat baik dan itu merupakan bukti betapa hebat dirinya sebagai aktor.


9.  Lee Dong Wook 

Soompi melihat kemampuan seni peran Lee Dong Wook ketika membintangi roman fantasi baru-baru ini yang berjudul "Tale of the Nine-Tailed", layak menjadi pertimbangan untuk memasukkan aktor ini sebagai aktor terbaik dari yang terbaik tahun 2020.

Pada roman fantasi ini, Lee Dong Wook mengambil peran sebagai sosok Lee Yeon, seorang pria yang mengorbankan segalanya untuk mengembalikan cinta dalam hidupnya dan sekarang harus hidup sebagai rubah berekor sembilan.

Lee Dong Wook dinilai Soompi memiliki kemampuan untuk memainkan karakter gelap dan misterius dalam drama ini dengan sangat baik. Pada peran khusus ini, Lee Dong Wook menunjukkan sedikit sisi buruknya dan mampu meyakinkan pemirsa dengan pesona jahatnya.

 

10.  Hyun Bin

Hyun Bin dinilai Soompi layak dimasukkan dalam kelompok aktor terbaik dari yang terbaik tahun 2020, dengan mengingatkan perannya dalam drama yang memerankan sosok seorang tentara Korea Utara yang mempertaruhkan nyawanya untuk bersama wanita yang dicintainya. 

Hyun Bin yang memainkan peran sebagai tokoh seorang Kapten Ri Jung Hyuk membantu pemirsa terhibur dan melupakan bagaimana rasanya menjalani hari di musim dingin. Sikapnya yang manis dan penyelamatan Son Ye Jin yang tak terhitung jumlahnya membuatnya cukup menarik. 

Keyakinan di mana dirinya mengatakan dialog romantisnya sambil entah bagaimana berhasil membuatnya tidak murahan adalah prestasi tersendiri. Reputasi Hyun Bin tumbuh secara internasional melalui peran ini dan para penggemarnya sudah menantikan drama berikutnya.

 

11.   Oh Jung Se

Soompi mengakhiri daftar aktor terbaik dari yang terbaik tahun 2020 dengan memasukkan satu-satunya aktor yang memainkan peran pembantu dalam sebuah serial drama yang diyatangkan di tvN "It's Okay to not be Okay."  

Soompe khusus memberikan penghargaan kepada Oh Jung Se atas perannya yang tak terlupakan, yang memainkan bagian dari cerita drama tersebut sebagai sosok kakak laki-laki dari Kim Soo Hyun, dengan memainkan peran yang dinilai sangat mengesankan. 

Kemampuan menampikan seorang sosok dengan karakter yang menonjolkan kemurnian dan kepolosan sebagai seorang penyandang autisme yang mendampingi peran utama yang dimainkan Kim Soo Hyun sebagai Moon Kang Tae di tvN "It's Okay to not be Okay" begitu tulus dan tidak akan pernah terlupakan.

________________

Kesepuluh aktor yang ditawarkan Soompi kepada pembacanya, yang dusebut sebagai aktor terbaik dari yang terbaik tersebut ditegaskan tidak didasarkan pada urutan penyebutannya atau sederhananya tidak ada pemeringkatan dari kesepuluh aktor terpilih.

Artinya,  Soompi hanya menyebutkan sejumlah 10 aktor tersebut tanpa ada pretensi memposisikan mana yang terbaik dari 10 aktor tersebut satu di antara lainnya.  Soompi hanya ingin menegaskan bahwa kesepuluh aktor tersebut layak disebut aktor drama korea terbaik dari yang terbaik.


Artikel Terkait