Chelsea Dipaksa Merasakan Ketangguhan Perlawanan Aston Villa

Perjalanan Chelsea mengarungi laga Liga Premier Inggris minggu ke-16 ketika harus menghadapi Aston Villa berakhir dengan hasil seri.  Chelsea tampil menguasai jalannya permainan dalam laga kontra Aston Villa di stadion Stamford Bridge markas Chelsea.

Laga yang berlangsung selama 45 x 2 menit dengan waktu tambahan 5 menit di babak kedua itu menunjukkan dominasi permainan, namun tidak disertai dengan efektivitas serangan Chelsea atas Aston Villa sepanjang pertandingan.

Bagaimana tidak, hampir 2/3 pertandingan dikuasai oleh Chelesea, Aston Villa hanya memainkan bola  hanya sedikit di atas 1/3 dari seluruh permainan, dengan perbandingan jumlah operan bola kurang lebih sama antara kedua tim.  Bahkan akurasi umpan pun, Chelsea masih unggul.

Chelsea juga jauh lebih banyak memliki kesempatan melakukan percobaan tendangan ke arah gawang yang jumlahnya lebih dari 1,5 kali lipat dibanding upaya yang sama dilakukan oleh Aston Villa, sehingga menciptakan ruang tendangan sesuai target 5 berbanding 2 untuk dominasi Chelsea.

Pertandingan dari awal menegaskan keunggulan permainan Chelsea, bahkan The Blues unggul terlebih dahulu lewat gol yang diciptakan Olivier Giroud pada menit ke 34.  dengan memanfaatkan umpan matang dari pemain belakang, Ben Chilwell.

Saat itu, Chelsea memaksa Villa membayar kesalahan ketika Giroud mampu menyelesaikan serangan tim dengan bergerak melalui sundulan dari umpan silang Ben Chilwell, gol pertama yang membuat penjaga gawang tim tamu, Aston Villa harus memungut bola di dalam jala gawang sendiri.

Gol tersebut mengubah gelombang permainan menjadi menguntungkan tuan rumah.  Namun sayangnya, Mason Mount menyia-nyiakan peluang emas untuk menggandakan keunggulan. Setelah itu meskipun terus mendominasi permainan hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi tambahan gol tercipta dari aksi para punggawa The Blues di lapangan.  

Justru, pada awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, Aston Villa berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang diciptakan Anwar El Ghazi, dimana pada saat itu, Aston Villa keluar dari perangkap aat babak kedua berlangsung, berbalik mencipakan gol balasan ketika El Ghazi memanfaatkan umpan silang  Mendy.

Setelah itu, kedua belah pihak saling bergiliran untuk mengalirkan bola ke depan dengan tempo tanpa henti, dengan menciptakan beberapa penyelesaian peluang pada akhir serangan.  Dimana, pemain Chelsea, Antonio Rudiger sempat mencetak gol tetapi dianulir karena offside.

Ssementara itu, gelandang Aston Villa, John McGinn sempat mengancam mistar gawang lawan dengan tendangan dari jarak jauh, disusul Ramsey yang hampir mencetak gol dengan beberapa sentuhan pertamanya saat melepaskan tendangan melengkung yang melebar beberapa inci. 

Chelsea menambah tekanan saat pertandingan terus berlanjut, dan pemain belakang Chelsea, Ben Chilwell hampir mematahkan pertahanan Villa di injury time dengan tendangan voli luar biasa yang melewati tiang jauh.

Upaya kedua tim tersebut tidak mampu merubah kedudukan, hingga babak kedua berakhir kedudukan untuk kedua tim tetap bertahan 1 : 1 untuk kedua tim, sehingga Chelsea harus puas bertengger di peringkat keenam dengan raihan poin 26, sedangkan Aston Villa berada satu strip peringkat di atasnya dengan raihan poin sama tetapi unggul selisih gol.


Artikel Terkait