Bersama Ronaldo. Juventus Tampil Maksimal Lawan Dynamo Keyv


Catatan kebersamaan Ronaldo dengan Juventus sebagai tuan rumah, kembali menghasilkan torehan positif ketika Juventus harus menghadapi Dynamo Keyv dalam laga lanjutan babak penyisihan Group G Liga Champions 2020-2021.

Pada laga tersebut, Juventus mampu menundukkan tim tamu dengan skor cukup telak dan meyakinkan 3 : 0 untuk kemenangan Juventus.

Juventus yang tampil sedikit mendominasi permainan sebenarnya dari awal pertandingan ingin intensif melakukan penyerangan.  Setidaknya hal ini dapat dilihat dari formasi pasukan Andrea Pirlo, yang memasang formasi 3-5-2. 

Seakan ingin mengatakan bahwa dengan menempatkan 2 orang penyerang di garis paling depan dan disokong oleh 5 gelandang atau pemain tengah, berharap permainan Juventus bersifat ofensif dan menekan, dengan berusaha memperbanyak aliran bola dari lini tengah ke lini serang handal Juventus.

Hal ini setiaknya dapat terefleksi dari capaian angka statistik selama berlangsungnya laga tersebut. Permainan yang sedikit dikuasai Juventus dengan 53% berbanding 47% penguasaan bola, Juventus jauh lebih banyak mengirim tendangan percobaan ke arah gawang hingga mencapai 17 kali percobaan dibanding hanya 7 kali di sisi Dynamo Keyv.

Oleh karenanya, tidak heran apabila peluang menciptakan gol akan lebih baik Juventus dibanding Dynamo Keyv.  Juentus mampu mengkonversikan 3 kali dari total 7 kali percobaan tendangan yang tepat sasaran, menjadi gol.  

Sedangkan Dynamo Keyv hanya memiliki 3 kali tendangan yang akurat mengarah ke gawang tetapi tidak satu pun dari percobaan tendangan ke arah gawang tersebut mampu dikonversikan menjadi gol. 

Ronaldo pada kesempatan laga ini menyumbang satu gol untuk Juventus pada awal babak kedua, ketika babak kedua baru bergulir selama 12 menit, tentu saja kontribusi lainnya selama pertandingan adalah merepotkan lini pertahanan lawan, sehingga rekan setimnya bisa lebih leluasa melakukan serangan.

Jadi, bahkan apabila penampilan Ronaldo tanpa gol pun, bukan berarti bisa disamakan dengan ketidakjhadirannya. Hal ini mengingat melalui kehadiran pemain sepenting Ronaldo, tentu akan menyita perhatian dan akan memecah konsentrasi pertahanan, sehingga memberikan ruang gerak yang lebih baik bagi pemain atau penyerang Juventus lainnya uintuk mencetak gol.