Barcelona Bertemu PSG di Perdelapan Final Liga Champions, Ini Rektor Pertemuan Keduanya

Hasil undian babak 16 besar Liga Champions hari Senin telah usai dilakukan UEFA di Paris, dan memposisikan Barcelona akan bermain melawan Paris Saint Germain dalam laga kandang dan tandang bagi kedua tim.

Sebagaimana diketahui Barcelona pada babak penyisihan group Liga Champions 2020-2021 berakhir di posisi runner-up klasemen group setelah dikalahkan Juventus pada laga terakhir putaran keenam group G, sehingga poin kedua tim sama tetapi berbeda selisih gol agregat head to head.

Sementara PSG memimpin klasemen group H setelah menyapu bersih dua laga terakhir.  Oleh karenanya, Barcelona akan memainkan leg pertama di Camp Nou pada tanggal 16 Februari 2021, kemudian leg kedua di Parc des Princes Perancis pada 10 Maret 2021.

Pada laga level Eropa, termasuk Liga Champions sebenarnya pertemuan kedua tim bukan seuatu yang baru terjadi, karena kedua tim pernah bertemu dan berlaga setidaknya 6 kali di level kejuaraan sepakbola Eropa.

Laga pada musim ini berarti pertemuan ketujuh antara keduanya, dan kedua pendukung tentu tidak akan melupakan pertandingan dramatis dalam sejarah Barcelona, yaitu pada Liga Champions 2017-2018 yang lalu.

Ketika itu, Barcelona dinilai berpotensi besar tersingkir dari kompetisi Liga Champions setelah menderita kekalahan 4-0 ketika bertandang ke markas PSG. Namun ternyata, pada leg kedua berhasil membalikkan keadaan dengan skor Barcelona nnggul 6-1, dan berhak maju ke babak selanjutnya.

Selain pada laga  perempat final Liga Champions 1994-1995 yang memposisikan PSG unggul atas Barcelona, semua di Liga Champions, Barca selalu unggul, meski ada saatnya hanya unggul gol tandang sebagaimana terjadi pada laga  Perempat Final Liga Champions 2012-2013.