Barca Sapu Bersih Hingga Laga Kelima, Dua Pemain Selain Messi ini Selalu Cetak Gol Saat Dimainkan


Sudah bisa ditebak hasil laga Ferencvaros versus Barcelona pada laga kelima dari total 6 laga (mathday 5/6) penyisihan group G Liga Champions (UEFA Champions League/UCL) 2020-2021, yang berlangsung Kamis, 3 Desember 2020, di Puskás Aréna, Dózsa György út 1, Zugló, Budapest, Hongaria, markas Ferencvaros.

Meski ini laga tandang bagi El Barca, yang tentu saja sedikit menguntungkan bagi Ferencvaros, akan tetapi reputasi konsistensi dominasi Barcelona dan hasil laga dari pertemuan sebelumnya ketika menjalani laga putaran pertama Group G tanggal 21 Oktober 2020 dapat dijadikan tolok ukur.

Barca menang mudah dengan skor cukup meyakinkan  0  :  3 atas tim tuan rumah, Ferencvaros dalam laga dua babak penuh yang tentu saja permainan didominasi Barcelona sejak awal hingga menyisakan penguasaan bola hanya 37% saja untuk Farencvaros.

Blaugrana yang menerapkan kombinasi permainan umpan-umpan pendek, cepat dan akurat dengan formasi transisi cepat 4-2-3-1, artinya permainan bola pendek, cepat dan akurat yang diperagakan bergerak maju dengan cepat tidak banyak memberikan kesempatan Ferencvaros membahayakan gawang, yang dijaga Norberto Murara Neto (13). 

Sementara Ferencvaros sendiri bukannya bermain agresif melihat strategi yang dimainkan Barcelona, akan tetapi justru membangun permainan defensif dengan memperagakan formasi 5-4-1, untuk membendung serangan Barca setiap saat.

Hanya butuh waktu total 30 menit di babak pertama bagi Barcelona untuk menciptakan 3 gol ke gawang Ferencvaros, dengan kurang dari 15 menit dari awal laga, gol pertama tercipta, kemudian disusul gol kedua 6 menit berikutnya, dan gol ketiga tercipta setelah 8 menit dari gol kedua.

Gol pertama tercipta melalui kontribusi striker Barca, Antoine Griezmann (7), gol kedua dicetak striker Barca lainnya, Martin Braithwaite (9) dan gol ketiga disumbangkan pemain gelandang serang atau winger Barca, Ousmane Dembele (11).

Menariknya, selama laga Group G Liga Champions 2020-2021 ini, sepanjang total 5 laga dari 6 laga penyisihan Group G yang telah dijalani, tidak satupun pemain depan yang secara terus-menerus dimainkan manajer Barcelona, Ronald Koeman.

Lionel Messi (10) yang menyandang ban kapten pun hanya diturunkan sebanyak 3 kali sebagai Starting Line-Up atau Starting Eleven, pada 2 laga kandang ketika menghadapi Ferencvaros dan Dynamo Kyiv dan 1 laga tandang ketika melawan Juventus.  Pada ketiga laga tersebut Messi mencetak 3 gol untuk masing-masing penampilan.

Ada satu lagi pemain Barcelona ketika dimainkan sebagaimana Messi selalu mampu mencetak gol untuk El Barca.  Tetapi bukan striker andalan Barca lainnya, Antonie Griezmann (7) yang sejauh ini telah tampil 3 kali juga, ketika bertandang ke Juventus, menjamu Dynamo Kyiv dan ketika menjamu Ferencvaros.

Ousmane Dembele (11), pemain ini juga telah diturunkan dalam 3 laga di Group G Champions 2020-2021 dan telah mencetak total 3 gol, dengan satu gol pada masing-masing laga ketika bertandang ke markas Ferencvaros, bertandang ke markas Juventus, dan menjamu Ferencvaros.

Pemain penyerang Barca lainnya, yang mengenakan jersey nomor (9), Martin Braithwaite, yang sejauh ini mencetak 2 gol di Group G Liga Champions 2020-2021 untuk Barca untuk masing-masing laga yang memainkan dirinya, yakni ketika bertandang ke markas Dynamo Kyev dan menjamu Ferencvaros.     

Hingga laga kelima Group G Liga Champions 2020-2021 ini, Barcelona tetao kokoh sebagai pemuncak klasemen sementara diikuti Juventus dengan raihan poin sempurna memenangkan seluruh laga yang dimainkan sejauh ini.