Setan Merah Hanya Butuh Seri Pada Laga Berikutnya Pastikan Lolos 16 Besar Liga Champions


Manchester United berhasil mengalahkan Ä°stanbul BaÅŸakÅŸehir dalam laga kandang yang berlangsung di Old Trafford, hari Rabu, 25 November 2020, pukul 03.00 wib, dengan skor sangat meyakinkan 4 : 1 untuk kemenangan Manchester United.

Skor akhir pertandingan ini adalah bentuk perlawanan balik Manchester United atas Ä°stanbul BaÅŸakÅŸehir di group H putaran laga Liga Champions 2020-2021, mengingat pada laga tandang sebelumnya yang digelar di BaÅŸakÅŸehir Fatih Terim Stadium, markas Ä°stanbul BaÅŸakÅŸehir, Manchester United dipaksa menyerah dengan skor ketat 2 : 1 untuk kemenangan tuan rumah.

Keberhasilan Setan Merah mencukur tamunya dengan skor 4 : 1, tidak lepas dari kontribusi gol gelandang tengah sekaligus playmaker Bruno Fernandes (18), gelandang serang atau winger Marcus Rashford (10), dan gelandang Daniel James (21) yang masuk menggantikan Marcus Rashford (10) pada menit ke-59. 

Gol pertama terjadi ketika tendangan Alex Telles (27) mengarah langsung ke arah Fernandes (18) dan kemudian dikonversikan menjadi gol dengan melepaskan tembakan keras ke arah gawang, yang tidak dapat diantisipasi oleh penjaga gawang İstanbul Başakşehir, Mert Günok (34).

Berikutnya gol kedua tercipta kala terjadi kesalahan pada penjaga gawang İstanbul Başakşehir, Mert Günok (34) karena tekanan Edisson Cavani (7), sehingga bola disambar Fernandes (18), mengkonversikannya menjadi gol.

Gol ketiga terjadi ketika Marcus Rasford (10) dijatuhkan di kotak pinalti dan berbuah keputusan tendangan pinalti, dieksekusi sendiri oleh Rasford (10) dan berbuah gol ketiga untuk Manchester United.  Gol keempat tercipta berkat tendangan tenang Daniel James (23) ke gawang lawan memaksimalkan assist yang diterima dari M. Greenwood.

Manchester United secara kseluruhan sedikit lebih dominan menguasai jalanya pertandingan, dengan penguasaan bola sekitar 53%, demikian juga dengan umpan dan akurasi umpan yang sedikit lebih baik Manchester United.

Selama pertandingan berlangsung, Manchester United bermain lebih efektif dibanding lawannya, Ä°stanbul BaÅŸakÅŸehir. Setan Merah telah melakukan percobaan tendangan ke arah gawang sebanyak 16 kali, 8 kali di ataranya tepat sasaran dan 4 kali terkonversi menjadi gol.

Sedangkan Ä°stanbul BaÅŸakÅŸehir memiliki kesempatan membuat percobaan tendangan ke arah gawang sedikit di bawah MU sebanyak 13 kali, namun hanya 4 kali di antaranya tepat sasaran dan 1 kali yang terkonversi menjadi gol.

Setelah pertandingan berakhir, Manchester United bertengger menjadi jawara klasemen sementara Group H, dengan raihan 9 poin dari empat pertandingan, di atas Paris Saint Germain dan RB Leipzig, yang sejauh ini mampu mengoleksi 6 poin dari empat pertandingan.

Raihan ini masih menjaga peluang Manchester United untuk lolos masuk ke babak 16 besar Liga Champions, dengan hanya membutuhkan satu kemenangan lagi di laga berikutnya, yakni ketika berhadapan dengan PSG yang rencananya digelar pada hari Selasa, tanggal 3 Desember 2020, pukul 03.00 wib dini hari. 

Bahkan hasil seri melawan PSG pun sudah cukup membawa Setan Merah melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2020-2021.  Hal ini mengingat apabila seri maka poin MU menjadi 10 dan poin PSG menjadi 7. 

Hal ini untuk menjamin bahwa apapun hasil dari laga lainnya dan laga berikutnya tidak akan mempengaruhi kepastian lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2020-2021.  

Termasuk ketika PSG menang di laga selanjutnya, sehingga poinnya menjadi sama 10, tetapi head to head kedua tim dan bahkan selisih gol menentukan keunggulan MU terhadap PSG.  Bagaimanapun selisih gol yang dimiliki MU sangat sulit dikejar oleh PSG pada laga selanjutnya.