PSG Sesalkan Lepas Thiago Silva ke Chelsea?


Thiago Silva saat ini merupakan pemain bertahan The Blues Chelsea, yang diperoleh secara gratis pada bursa transfer musim panas 2020. Chelsea mengikat pemain asal Brasil itu dengan kontrak satu tahun dengan opsi diperpanjang masa kontraknya untuk 12 bulan setelahnya.

Sebagai pemain bertahan, Thiago Silva telah mengambil perannya sebagai pemain profesional, dengan mampu memperkuat pertahanan Chelsea yang pada muslim sebelumnya dinilai lebih rapuh, dan mencatatkan total enam cleansheet dalam delapan pertandingan. Chelsea hanya kebobolan satu gol dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Torehan kinerjanya memperkuat barisan pertahanan Chelsea tampaknya mendapat perhatian dari media Perancis dan mantan klub lamanya, Paris Saint Gernain (PSG).  Pada kesempatan terpisah, Direktur olahraga PSG, Leonardo, yang diwawancarai di saluran khusus PSG mengungkapkan bahwa bisa saja klub salah membiarkan Thiago Silva pergi dengan kesepakatan gratis (cek di sini).

Direktur Olahraga PSG tersebut juga menjelaskan latar belakang mengapa manajemen PSG tidak menawarkan kontrak baru kepada Thiago Silva dan mengizinkan yang bersangkutan keluar dengan transfer gratis musim panas ini.

Hal itu terkait erat dengan pertimbangan keuangan dan regenerasi, dimana klub pada saatnya harus melakukan apa yang harus dilakukan, yakni membuat keputusan jelas terkait klub yang tidak dapat memberikan apa yang diinginkan sang pemain dan harus memberi kesempatan pemain yang lebih muda untuk mengembangkan kemampuannya (Marquinhos dan Kimpembe).

Pada saat di PSG, yang dihabiskan selama delapan musim dengan bangga mengenakan Rouge et Bleu dan ban kapten, Thiago Silva menunjukkan semua kualitas untuk membuat tempat bagi dirinya sendiri dalam sejarah klub.

Thiago Silva telah terlibat dalam 315 pertandingan dengan PSG, 293 kali dengan ban kapten (rekor klub), dengan raihan 25 trofi (7 Ligue 1, 5 Coupe de France, 6 Coupe de la Ligue, dan 7 Trophée des Champions).

Thiago Silva meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah Paris Saint-Germain.  Pemain Brasil ini dapat membanggakan koleksi trofi yang luar biasa.  

Thiago memegang rekor jumlah pertandingan Liga Champions yang dimainkan bersama Paris Saint-Germain dengan 60 penampilan di kompetisi klub papan atas Eropa di Rouge et Bleu. Thiago juga mencetak sembilan gol Ligue 1 bersama Paris dan 17 gol di semua kompetisi.

Untuk diketahui bersamaan dengan mendapatkan Thiago Silva secara gratis pada bursa transfer musim panas 2020, Chelsea tercatat telah menghabiskan dana lebih dari 200 juta pound atau sekira 3,7 triliun untuk mendatangkan pemain baru.