Bermain Dominan dan Efektif, Manchester City Bungkam Burnley

 


Pertandingan Manchester City ketika harus menghadapi Burnley pada putaran laga Liga Premier Inggris 2020-2021 pekan ke-10, yang memasuki putaran ke-9 bagi City berakhir dengan pencapaian sempurna.  Manchester City berlaga layaknya sebuah tim pemenang dan mampu memenangkan laga melawan Burnley.

Manchester Cioty mendominasi permainan dan melakukan serangan yang efektif atas Burnley sepanjang pertandingan, yang berlangsung selama 45 x 2 menit dengan waktu tambahan 4 menit di babak kedua.

Setidaknya, lebih dari 2/3 pertandingan dikuasai oleh Manchester City, Burnley hanya mampu menguasai bola kurang dari 1/3 dari seluruh permainan, dengan perbandingan jumlah operan bola yang jauh lebih dominan Manchester City.  

Melalui penguasaan bola yang dominan, The Citizens memanfaatkannya dengan sangat baik untuk dioptimalkan melakukan percobaan tendangan ke arah gawang dengan intensitas yang jauh lebih tinggi dibanding yang dilakukan Burnley, sehingga menghasilkan tendangan mencapai sasaran 6 berbanding 1 untuk dominasi Manchester City.

Pertandingan dari awal menegaskan keunggulan permainan Manchester City, bahkan hanya butuh waktu 6 menit di awal babak pertama bagi Manchester City untuk menggetarkan gawang Burnley, ketika Kevin De Bruyne (17) memberikan assist kepada Riyad Mahrez (26) ke kotak penalti yang kemudian ditembakkan ke arah sudut bawah.

Serangan Manchester City terus mengalir dan berhasil menciptakan gol kedua dan gol ketiga di babak pertama.  Gol kedua tercipta setelah 16 menit gol pertama, terjadi ketika Riyad Mahrez (26) yang mampu memaksimalkan lemparan ke dalam Kyle Walker (2) dengan memanfaatkan kelengahan pertahanan Burnley

Hanya butuh waktu kurang dari 20 menit dari gol kedua, gol ketiga Manchester City tercipta melalui tendangan voli pemain belakang City, Benjamin Mendy (22) dengan memanfaatkan umpan Kevin De Bruyne (17) yang mengarah ke sudut jauh dari sudut sempit.

Memasuki jeda waktu ketika babak pertama berakhir, kedudukan tidak berubah, Manchester City mengungguli tim tamunya dengan skor sangat menyakinkan 3 : 0.  Burnley tidak memiliki kesempatan membalas gol-gol City.

Tampaknya Manchester City masih berambisi mempertebal keunggulan ketika memasuki babak kedua.  Manajer City, Pep Guardiola melakukan penyegaran di lini tengah untuk mendukung penyerangan dengan menggantikan gelandang Rodrigo Hernández (16) dengan gelandang lainnya, Fernandinho (25) pada menit ke-46.

Benar saja, setelah sekitar 20 menit berlalu, gol keempat untuk City kembali tercipta melului kontribusi gol Ferran Torres (21) dengan memaksimalkan umpan yang diberikan Gabriel Jesus (9), yang didahului kerjasama apik Riyad Mahrez (26) dan Kyle Walker (2). 

Melihat realitas yang sangat tidak menyenangkan ini, tampaknya Manajer Burnley tidak menginginkan kebobolan terlalu banyak, sehingga berkehendak memperkuat pertahanannya.  Stiker Burnley, Chris Wood (9) ditarik keluar dan digantikan oleh pemain belakang pengganti, Erik Pieters (23).

Namun, City justru menguatkan ambisinya untuk semakin melipatgandakan kemenangan.  Penyegaran pemain tengah kembali dilakukan Perp Guardiola.  Gelandang City, Ferran Torres (21) digantikan dengan gelandang lainnya, Phil Foden (47) pada menit ke-67.

Hanya butuh waktu dua menit dari pergantian tersebut, Manchester City kembali menyarangkan bola ke jala gawang Burnley pada menit ke-69.  Phil Foden (47) yang baru masuk mendapatkan umpan silang dari Kevin De Bruyne (17) dan memberikan umpan matang depan gawang kepada Riyad Mahrez (26), yang menyundul bola masuk ke gawang.

Setelah gol kelima tersebut, tampaknya City merasa cukup dengan serangannya dan memperkuat lini belakang dengan menarik keluar pemain belakang Ruben Dias (3) digantikan dengan pemain belakang lainnya, Eric Garcia (50) pada menit ke-70.

Keadaan ini dimanfaatkan manajer Burney, untuk kembali mempekuat serangan dengan menggantikan pemain gelandang Ashley Barnes (10) dengan pemain penyerang (striker) MatÄ›j Vydra (27). 

Namun, upaya pelatih tersebut tidak merubah kedudukan, hingga babak kedua berakhir kedudukan untuk kedua tim tetap bertahan dengan skor 5  :  0 untuk keunggulan Manchester City. Burney sama sekali tidak memiliki kesempatan yang baik untuk membalas gol-gol yang diciptakan City.\