Meski Kalah Hadapi Atalanta, Peluang Lolos 16 Besar Liverpool Masih Terbuka Lebar


 Liverpool masih bisa bernafas lega meski harus kalah ketika menghadapi Atalanta dalam laga kandang yang berlangsung di Anfield, markas Liverpool, dengan skor tips  0 : 1 untuk kemenangan Atalanta.

Hasil iakhir pertandingan ini, memposisikan Liverpool tetap memuncaki klasemen sementara  group D putaran laga Liga Champions 2020-2021, mengingat saat ini Liverpool telah mengantongi 9 poin dari 4 laga yang sudah dijalani.

Pada pertandingan tandang kali ini,  gol penentu kemenangan tim tamu tercipta pada babak kedua menit ke-60 dan menit ke-64.  Gol pertama tercipta pada menit ke-60 ketika Striker Atalanta, Josip Iličić (72) mengeksekusi bola ketika memanfaatkan umpan silang berbahaya dari Gomez.

Pada menit ke-64, pemain gelandang Atalanta, Robin Gosens (8) mengeksekusi bola dari assist Hatebour yang mengarah ke kotak pinalti dari umpan silang menuju tiang jauh yang diarahkan Gomez, dan berbuah gol kedua bagi Atalanta.

Kedudukan 0 : 2 untuk tim tamu ini bertahan hingga akhir pertandingan.  Liverpool secara kseluruhan sesungguhnya sedikit lebih mendominasi jalanya pertandingan, dengan penguasaan bola hingga mencapai 54%.

Namun sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan upaya percobaan tendangan ke arah gawang yang kalah jauh dibanding dengan Atalanta, yang melakukan percobaan 8 kali dengan 4 kalinya tepat sasaran dan 2 kali terkonversi menjadi gol, sedangkan The Reds hanya mencoba 4 kali dengan tidak ada yang tepat sasaran.

Hasil akhir pertandingan ini tetap membuka kesempatan lebar bagi Liverpool dengan raihan 9 poin dari empat pertandingan, di bawahnya ada Ajax, yang sejauh ini mampu mengoleksi 7 poin dari empat pertandingan.

Sementara itu, dengan jumlah pertandingan yang sama, Atalanta juga mengoleksi 7 poin, dan Midjylland belum mengoleksi pon sama sekali, karena mengalami empat kekalahan beruntun. 

Dengan raihan 9 poin dari 4 pertandingan ini, Liverpool hanya butuh satu kemenangan pada saat menghadapi Ajax dalam laga kandang di Anfield pada putaran ke-5 group D Liga Champions 2020-2021, yang digelar pada hari Rabu, 2 Desember 2020 pukul 03.00 wib dini hari.

Maka setelah itu, apapun hasil dari laga lainnya dan laga selanjutnya tidak akan mampu menggeser kepastian Liverpool untuk melanjutkan perjalanan laga di Liga Champions 2020-2021.

Bahkan hasil seri atau imbang lawan Ajax sudah cukup mengamankan tiket untuk Liverpool melajut ke babak 16 besar Liga Champions 2020-2021.  Hal ini mengingat Ajax dan Atalanta masih menyisakan satu laga untuk saling berhadapan satu sama lain pada laga berikutnya. 

Salah satu dari Ajax atau Atalanta akan kehilangan poin atau setidaknya hanya berbagai satu poin ketika saling berhadapan, tergantung dari hasil pertandingan keduanya.

Hal ini artinya kemungkinan Ajax hanya mencapai poin maksimal 11 ketika Atalanta mencapai poin maksimal 10.  Sebaliknya ketika Atalanta mampu mengumpulkan  poin maksimal 13, pada saat yang sama Ajax hanya mampu memiliki 8 poin maksimal.

Ketika Liverpool seri berhadapan dengan Ajax, maka skenario Atalanta mengumpulkan 10 poin masih bisa diungguli Liverpool lewat selisih gol, sedangkan skenario Atalanta mengumpulkan maksimal 13 poin, maka raihan poin Liverpool masih berada di atas Ajax.

Kalaupun Liverpool kalah melawan Ajax, kesempatan Liverpool masih terbuka lebar karena melawan Midjylland bukan perkara sulit bagi Liverpool, mengingat Midjylland belum merasakan kemenangan sekalipun sejak laga di group D dimulai hingga memasuki putaran keempat.

Ketika hasil laga Liverpool kontra Ajax diakhiri dengan hasil kalah, maka bukan tidak mungkin Liverpool terlempar dari kesempatan lolos masuk putaran 16 besar Liga Champions 2020-2021.  Hal ini akan terjadi apabila Liverpool kalah pada laga terakhur melawan Midjylland.