Menengok Fakta ke Belakang Chelsea Kontra Newcastle United

Laga Chelsea kontra Newcastle United memperagakan permainan sepakbola yang menegaskan dominasi dan efektivitas Chelsea jauh mengungguli Newcastle United.  Lebih dari 2/3 pertandingan dikuasai oleh Chelesea. Newcastle hanya memainkan bola kurang 1/3 dari seluruh permainan.

Perbandingan jumlah operan bola kurang lebih sama antara kedua tim sebagaimana perbandingan penguasaan bola.  Chelsea juga jauh lebih banyak memliki kesempatan melakukan percobaan tendangan ke arah gawang.

Tendangan ke arah gawang Chelsea jumlahnya hanpir 2 kali lipat dibanding upaya yang sama dilakukan oleh Newcastle United, sehingga menciptakan ruang tendangan sesuai target 3 berbanding 1 untuk dominasi Chelsea.

Hasil akhir dari dominasi dan efekticitas ini membuahkan hasil memuaskan bagi Chelsea dan tentu saja sebaliknya bagi Newcastle United.  Newcastle United dipaksa menyerah di tangan tim tamu dengan skor cukup telak 0 : 2 untuk kemenangan Chelsea.

Lalu bagaimanakah sesungguhnya gambaran kekuatan kedua tim ini ketika berhadapan satu sama lain pada momen-momen laga sebelumnya, pencapaian sebelumnya yang ditorehkan oleh masing-masing tim dan bahkan setelah pertandingan antara keduanya telah usai?

Newcastle United hanya sekali kalah dari tujuh pertandingan kandang terakhur Liga Premier Inggris melawan Chelsea, dan memenangkan pertandingan pada Liga Premier Inggris musim lalu berkat gol dari Isaac Hayden pada menit ke-90.

Hasil pertandingan dengan Chelsea menambah daftar kekalahan menjadi dua kali kalah dari delapan pertandingan kandang  terakhur Liga Premier Inggris melawan Chelsea.

Chelsea telah memenangkan lima dari tujuh pertandingan Liga Premier Inggris terakhir dengan Newcastkle, meskipun The Blues hanya berhasil menjadi satu clean sheet dalam laga-laga tersebut pada kemenangan 1 : 0 di Stadion Stamford Bridge musim lalu.

Seusai pertandingan vs Newcastle United, rekor Chelsea bertambah memenangkan enam dari delapan pertandingan berhadapan dengan Newcastle, dengan dua kali clean sheet, yang terakhir dengan skor 0 :2 untuk kemenangan Chelsea.

Ketika pertandingan Newcastle vs Chelsea belum selesai, Newcastle United telah memenangkan dua dari tiga pertandingan kandang terakhir Liga Premier Inggris.  Pencapaian ini sebanyak yang dicapai Newcastle United pada 11 pertandingan sebelumnya di St James Park.  

Newcastle tentu saja sebenarnya berharap melebihi pencapaian itu ketika menghadapi tim tamu, Chelsea.  Namun hasil pertandingan kontra Chelsea yang berakhir dengan skor 0 : 2 untuk kemenangan Chelsea mengkandaskan harapan tersebut.

Sebelumnya, Chelsea tidak terkalahkan dalam enam pertandingan Liga Premier Inggris dengan hanya Tottenham Hotspur, yang memiliki catatan lebih banyak di kompetisi Liga Premier. Kemenangan terhadap Newcastle United ini menambah daftar panjang tidak terkalahkan hingga tujuh pertandingan Liga Premier Inggris.