Kini Liverpool Punya Fasilitas Latihan Lebih Canggih dan Modern

Sejalan dengan usai dibangunnya fasilitas canggih sebagai pusat pelatihan (Training Center) Liverpool baru, yang diperkenalkan sebagai AXA Training Center (Pusat Pelatihan AXA), maka secara resmi Liverpool FC meninggalkan sarana fasilitas latihan lamanya, Melwood (Melwood Training Facility).

Liverpool telah mengucapkan selamat tinggal kepada Melwood dan secara resmi menyerahkan situs tersebut kepada pemilik barunya, grup transformasi Torus,  yang dikenal sebagai pengembang perumahan terbaik dan bertanggung jawab secara sosial untuk mengambil alih situs tersebut.

Manajer tim senior Liverpool, Jurgen Klop punya kenangan tersendiri untuk Melwood.  Dikutip dari laman resmi Liverpool, bagi sang juru racik terkemuka di Eropa tersebut  tempat latihan semacam Melwood memberikan kesan khusus tersendiri.

Klop menyatakan sembari mengenangnya. “Saya pikir ingatan saya yang paling jelas tentang Melwood adalah hari pertama saya datang ke sini. Itu benar-benar baru bagi saya, tempat pelatihan semacam ini. Di Jerman seperti itu hanya para pemain, pelatih, orang-orang lapangan, kitman yang berada di tempat latihan - setidaknya di Dortmund seperti ini dan di Mainz kami tidak memiliki hal seperti itu sama sekali".

Patut diketahui, Melwood Training Facilitu telah menjadi basis pelatihan Liverpool selama lebih dari 70 tahun, dan telah mengalami beberapa kali perbaikan dan peningkatan fungsionalitasnya, termasuk perubahan pada Januari 2001.

Pada tahun tersebut, klub memutuskan mengembangkan Millennium Pavilion di dalamnya, yang merupakan fasilitas modern untuk para pemain dan pelatih, dan terus dikembangkan pada tahun-tahun sesudahnya.

Kini, Melwood akhirnya harus ditinggalkan, mengingat berkat perluasan kemitraan antara Liverpool FC dengan AXA, kini Liverpool memiliki fasilitas latihan baru yang jauh lebih modern dan canggih.  AXA diberikan hak untuk memberikan nama pusat pelatihan baru The Reds yang berlokasi di Kirkby tersebut dengan "AXA Training Center",

Sebagaimana dijelaskan dalam laman resmi Liverpool, AXA Training Center (Pusat Pelatihan AXA) menempati lahan seluas 9.200 meter persegi, yang di atasnya dibangun tiga lapangan ukuran penuh, area penjaga gawang dan pemanasan.

AXA Training Center  juga dilengkapi dengan fasilitas dalam ruangan (indoor) termasuk dua pusat kebugaran, aula olahraga ukuran penuh, kolam renang, kompleks hidroterapi dan suite rehabilitasi olahraga spesialis.

Tentu saja, dengan semakin canggih dan modern pusat pelatihan Liverpool tersebut diiringi dengan pencapaian prestasi yang prestisius dan mengagumkan pada masa-masa mendatang, baik dalam perebutan titel jawara Liga Primier Inggris, Liga Champions, dan event-event pertandingan lainnya.