Liverpool Terluka, Kini Tambah Satu Lagi Defender The Reds Cedera

Tampaknya, nasib kurang menguntungkan menimpa Liverpool selama jeda internasional berjalan hingga saat ini.  Betapa tidak, beberapa pemain Liverpool harus menghindari terlibat dalam putaran laga Liga Premier Inggris yang akan bergulir kembali, diakibatkan cedera yang dialami.

Kali ini, cedera menimpa pemain Liverpool bernomor punggung (49), Rey Williams yang berposisi sebagai defender di tim besutan Jurgen Klop itu.  Pemain ini mengalami cedera pada area panggulnya hingga harus dipulangkan dari tim nasional Inggris U-21.

Pada hari Selasa, 17 November 2020 waktu setempat, pemain yang berposisi memperkuat lini belakang itu mengeluhkan rasa sakit pada panggulnya sebelum pertandingan. Kemudian, Timnas U-21 Inggris mengirimkannya ke Liverpool.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, terdapat 7 pemain The Reds yang mengalami cedera dan sedang menjalami masa pemulihan (recovery) atau disebabkan positif Covid-19 yang belum bisa diturunkan ke lapangan menghadapi putaran berbagai kompetisi membela Liverpool (cek di sini).

Para pemain yang dimaksud antara lain, Mohammed Salah positif Covid19 dan perkiraan tanggal kembali beberapa minggu, Joe Gomez mengalami cedera lutut, diperkirakan kembali dimainkan antara tiga dan enam bulan, dan Trent Alexander-Arnold menderita cedera hamstring, diperkirakan kembali dapat bermain bulan depan.

Fabinho juga mengalami cedera kaki, demikian juga Virgil van Dijk, yang sedang menderita cedera kaki, dan diperkirakan dapat kembali bermain dalam jangka panjang, setidaknya enam bulan.

Kemudian, ada Thiago Alcantara yang mengalami cedera kaki, dengan perkiraan dapat dimainkan kembali dalam seminggu ke depan dan Alex Oxlade-Chamberlain yang menderita cedera otot, dengan perkiraan dapat kembali turun ke lapangan dalam beberapa minggu)

Beberapa pemain Liverpool lainnya juga sempat mengalami cedera, namun proses pemulihannya (recovery)  berjalan baik dan sesuai dengan yang diperkirakan, sehingga pada akhirnya sudah bisa kembali dimanikan untuk memperkuat The Reds menghadapi lawan-lawannya.
 
Persoalannya saat ini adalah cedera yang diderita Rey Williams ini menambah daftar panjang pemain yang berposisi di lini pertahanan Liverpool yang mengalami cedera dan sementara tidak dapat diturunkan ke lapangan untuk berlaga menghadapi lawan-lawan Liverpool.

Sebagaimana diketahui, pemain belakang Liverpool Virgil Van Dijk (4). sebelumnya telah mengalami cedera yang tidak jauh berbeda dengan Joe Gomez (12) dan membutuhkan masa recovery (pemulihan) yang tidak sebentar hingga mencapai 3 bulan sampai 6 bulan.

Demikian juga dengan pemain lini belakang lainnya, Trent Alexander-Arnold.  Pemain bernomor punggung (66) yang diposisikan sebagai pemain bertahan sebelah kanan ini sedang menderita cedera hamstring, dan diperkirakan dapat kembali merumput bersama Liverpool hingga bulan depan. 

Tetapi, manajer Liverpool Jurgen Klop selalu memiliki pilihan solusi untuk mengatasi kriris yang terjadi pada tim besutannya, termasuk ketika terjadi krisis lini pertahanan Liverpool sebagaimana yang menimpanya saat ini.
 
Pada saat ini skuad The Reds di posisi pemain bertahan diperkuat oleh 10 pemain, di antaranya Virgil van Djik (4), Joe Gomez (12), Kostas Tsimikas (21), Andi Anderson (25), Joel Matip (32), Rhys Wlliams (46), Nathaniel Philips (47), Trent Alexander-Arnold (66), Sepp van den Berg (72), dan Neco Williams (76).

Hingga saat ini totalnya ada 4 pemain di lini pertahanan Liverpool yang mengalami cedera, yakni Virgil van Dijk (4), Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold (66), serta yang terakhir dan baru saja terjadi, yakni cedera yang dialami Rey Williams (49).

Maka, formasi pemain bertahan lini tengah belakang kemungkinan tinggal dua pilihan utama yang terbatas, yakni dipercayakan kepada Joel Matip (32) atau Nathaniel Philips (47). Alasan yang paling rasional adalah karena selama ini kedua pemain yang masih bugar tersebut, selalu jadi langganan Jurgen Klop sebagai pemain alternatif. 

Alternatif Jurgen Klop lainnya adalah dengan menarik ke belakang posisi gelandang Fabinho (3), yakni menjadi pemain bertahan.  Hal ini mengingat pendekatan cara ini juga sudah pernah dilakukan dan diperagakan oleh Jurgn Klop.

Ketika melawan Midtjylland pada laga Liga Champions 28 Oktober 2020 yang lalu atau ketika menghadapi Sheffield United pada putaran laga Liga Premier pada 25 Oktober 2020 yang lalu, Fabinho (3) diposisikan sebagai pemain belakang.