Inilah Lima Punggawa Chelsea Tersukses di Timnas

Setidaknya enam punggawa Chelsea harus memunuhi panggilan negaranya, untuk turut serta ambil bagian dalam perhelatan laga internasional, bersama Timnas dari negara masing-masing pemain.

Partisipasi dalam Timnas terjadi di sela-sela putaran Liga Premier Inggris yang masih berlangsung tetapi memasuki masa pekan jeda, dimana sebagian pemain berkontribusi dalam pertandingan internasional dan sisanya tetap menjalankan tugas latihan di markas Chelsea.

Keenam pemain Chelsea tersbebut, di antaranya N'Golo Kante (7) dan Olivier Giroud (18) yang bermain untuk Timnas Perancis menghadapi Timnas Portugal, 

Kemudian, Timo Werner (11) dan Toni Rudiger (2) membela Timnas Jerman menghadapi Timnas Ukraina, Mateo Kovacic (17) bergabung dengan Timnas Kroasia menghadapi Timnas Swedia dan Thiago Silva (6) bersama Timnas Brazil berhadapan dengan Timnas Venezuela.

 

Timnas Perancis vs Timnas Portugal

Timnas Perancis dalam laga ini menjadi tim tamu bagi tuan rumah, Timnas Portugal, dengan pertandingan diselenggarakan di Stadium Estádio da Luz, Lisbon Portugal.

Keberadaan gelandang tengah Chelsea bernomor punggung (7) di Chelsea, N'Golo Kante (13) dalam permainan Timnas Perancis memberikan kontribusi satu gol pada babak kedua menit ke-53.  Kedudukan 1 : 0 untuk keuggulan Timnas Perancis dan ini bertahan hingga akhir pertandingan.

Ketika pentandingan memasuki menit ke-78, pemain Chelsea bernomor punggung (18) di Chelsea, Oliver Giroud (9), yang berposisi sebagai striker dimasukkan pelatih Perancis menggantikan Anthony Martial (10).  Namun, upaya ini tidak merubah kedudukan hingga akhir pertandingan. 

Hasil ini memastikan Timnas Perancis mengambil bagian dalam final Liga Nasional 2021 dan menyebabkan Portugal tersingkir dari perhelatan rangkaian pertandingan dari kejuaraan tersebut.

 

Timnas Jerman Vs Timnas Ukraina

Striker Chelsea yang bernomor punggung (11) di klub, Timo Werner dan pemain belakang yang bernomor punggung (2) di klub, Antonio Rudiger secara  bersama-sama membela Timnas Jerman ketika menghadapi Timnas Ukraina.  

Keduanya dipasang sejak awal pertandingan sebagai starting eleven. Timo Werner (9) berposisi sebagai striker di sisi kiri dan Antonio Rudiger (16) ditempatkan pada posisi pemain belakang kiri tengah dalam Timnas Jerman.  

Ukraina unggul terlebih dahulu pada menit ke-12 ketika Roman Yaremchuk (9) striker Ukraina menghasilkan gol untuk Ukraina.  Namun 11 menit kemudian, Timnas Jerman mampu menyamakan kedudukan melalui kontribusi gol dari Striker Jerman Leroy Sane (19).  

Bahkan pada menit ke-33, Timnas Jerman mampu berbalik unggul melalui gol yang diciptakan Striker yang bermain di Chelsea, Timo Warner (9).  Pada menit ke-64, Timo Warner (9) kembali menciptkan gol untuk mengandakan keunggulanTimnas Jerman.

Kedudukan di papan skor 3 : 1 untuk kemenangan tuan rumah Timnas Jerman atas Timnas Ukraina, dengan pertandingan diselenggarakan di Stadium Red Bull Arena Leipzig, Saxony, Jerman.

 

Timnas Kroasia vs Timnas Swedia

Pemain Chelsea lainnya, yung bernomor punggung (17) di klub, Mateo Kovacic bergabung dengan Timnas Kroasia menghadapi Timnas Swedia dalam pertandingan Group C Liga Nasional 2021.  Namun hasil pertandingan ini tidak menguntungkan bagi Kroasia, karen harus menyerah 1 : 2 terhadap Timnas Swedia.

Pertandingan yang diselenggarakan di stadion nasional Swedia, Friends Arena tersebut sejak awal memasang Mateo Kovaci (8) sebagai gelandang tengah kiri Timnas Kroasia.  Namun sayang, permainan Swedia yang lebih efektif memaksa Kroasia menyerah bahkan sejak babak pertama.

Hal ini mengingat kedua gol Timnas Swedia tercipta di babak pertama, pada menit ke-36 melalui gol Dejan Kulusevski (15) dan menit ke-45 + 2 melalui gol Marcus Danielson (4).  Sedangkan gol balasan Timnas Kroasia tercipta pada menit ke-81 melalui gol bunuh diri pemain lini pertahanan Swedia, Marcus Danielson (4).

 

Timnas Brazil vs Timnas Venezuela

Pemain Chelsea bernomor punggung (6) di klub satu ini, Thiago Silva (3) bersama Timnas Brazil ketika berhadapan dengan Timnas Venezuela, dipasang sejak awal pertandingan sebagai starting eleven, pada posisi yang sama sebagaimana di Chelsea pada posisi sebagai pemain pada lini pertahanan di sebelah tengah kiri.

Permainan dikuasai Timnas Brazil sangat dominan, mengingat ball position hingga mencapai 74% berbanding hanya 26% untuk Timnas Venezuela.  Kesempatan percobaan tendangan ke arah gawang pun berbeda jauh 11 kali, 3 kali di antaranya tepat sasaran berbanding 4 kali percobaan, dengan hanya 1 kali yang tepat sasaran.

Satu-satunya gol untuk Timnas Brazil dan bertahan hingga berakhirnya pertandingan tanpa ada gol balasan dari Timnas Venezuela, terjadi pada menit ke-67 pada babak kedua.  Gol tercipta berkat kontribusi striker sisi kiri Timnas Brazil, Roberto Firmino (20)

___________________

Seluruh hasil dari pertandingan internasional yang mengikutsertakan enam pemain Chelsea tersebut, memberikan catatan dari empat event pertandingan bersama Timnas masing-masing, hanya pertandingan yang melibatkan pemain Chelsea, Mateo Kovacic, yang harus menelan kekalahan, sedangkan sisanya berakhir dengan kemenangan.