Kontribusi Gol 4 Pemain PSM sebelum Liga 1 Dihentikan


Sebagaimana diketahui sebelumnya, untuk pertama kalinya, Liga 1 dan Liga 2 Indonesia sempat dihentikan sementara secara resmi oleh PSSI  untuk batas waktu yang tak ditentukan, mengacu kepada arahan Presiden RI Joko Widodo tentang protokol kewaspadaan pencegahan penyebaran virus Corona dalam kegiatan olahraga.

Kermudian, ada rencana kompetisi Shopee Liga 1 2020 akan kembali bergulir pada awal Juli 2020,  karena berbagai pihak pada saat itu memprediksi pandemi Covid19 telah mulai teratasi.  Namun keadaan mengatakan lain, sehingga Liga 1 Indonesia terpaksa harus ditunda lagi.

Terakhir, Liga 1 dan Liga 2 Indonesia direncanakan digelar awal Okltober 2020, namun sampai saat menjelang Liga 1 dan Liga 2 Indonesia akan digulirkan , pihak berwenang, yakni Polri menyatakan tidak mengeluarkan ijin keramaian hingga saat ini.

Hingga akhirnya Liga 1 dan Liga 2 Indonesia belum ada kepastian kapan akan digelar, yang kemudian PSSI mengirimkan surat kepastian kepada klub-klub peserta Liga Indonesia bahwa federasi tidak akan menyelanggarakan event pertandingan apapun hingga tahun 2020 berakhir.

Sebelum semua itu terjadi, ketika Liga 1 Indonesia masih bergulir dan PSM Makassar menjadi salah satu pesertanya, setidaknya tim ini telah menjalani 3 pertandingan hingga akhirnya harus berhadapan dengan keputusan penghentian penyelenggaraan Liga.

Ketiga pertandingan tersebut adalah ketika PSM Makassar harus berhadapan dengan PSS Sleman pada tanggal 1 Maret 2020 di Stadion Andi Mattalata, Persita pada tanggal 6 Maret 2020 di Stadion Benteng Taruna Stadium Sport Centre Kelapa Dua, dan Barito Putra pada tanggal 15 Maret 2020 di Stadion Andi Mattalata.

Pada saat ketiga pertandingan tersebut digelar, secara keseluruhan setidaknya PSM Makassar mencetak 4 gol di gawang lawan dan kebobolan 3 gol.  

Gol-gol PSM Makassar tercipta berkat kontribusi gol dari Striker bernomor punggung (6) Ferdinand Sinaga pada menit ke-39 dan gol dari defender Hussein Eldor dengan nomor punggung (5) pada menit ke-59 berkat assist Ferdinand Sinaga katika berhadapan dengan PSS Sleman.

Berikutnya, pada saat berhadapan dengan Persita, tercipta gol tunggal pada menit ke-21 atas kontribusi defender (pemain bertahan) Asnawi Mangkualam nomor punggung (14), dan terakhir ketika berhadapan dengan Barito Putra, juga tercipta gol tunggal yang dilesakkan oleh Giancario Lopes Rodrigues nomor punggung (38) pada menit ke-38.

Hasil dari ketiga pertandingan tersebut memposisikan PSM Makassar masuk dalam 6 (enam) besar klasemen sementara Liga 1 Indonesia, sebelum akhirnya putaran Liga 1 Indonesia terpaksa dihentikan karena merebaknya pandemi Covid-19.