Manchester United Buat Rekor Baru Saat Kalahkan West Brom di Old Trafford

Manchester United kembali  berlaga pada putaran Liga Premier Inggris minggu ke-9 setelah jeda internasional, menghadapi West Brom dengan raihan poin sempurna.  Manchester United tampil mendominasi jalannya pertandingan dan akhirnya memenangkan laga melawan West Brom.

Dominasi permainan Manchester United ini terlihat dari penguasaan bola hampir mencapai 2/3 pertandingan, West Brom hanya memainkan bola  hanya kurang 1/3 dari seluruh permainan, dan jumlah operan bola kurang lebih dengan perbandingan yang sama dengan penguasaan bola.  

Manchester United juga jauh lebih banyak memliki kesempatan melakukan percobaan tendangan ke arah gawang yang mencapai 17 kali dengan 7 kali di antaranya sesuai target, dibanding upaya yang sama dilakukan oleh West Brom, yang hanya berkesempatan membuat percobaan 7 kali dan 2 nkali di antaranya sesuai target.

Laga dari awal memang menegaskan keunggulan permainan Manchester United, dimana skill individu yang tercermin dari akurasi operan lebih baik pemain MU, demikiian juga kerjasama tim yang ditunjukkan dengan banyaknya operan.

Namun, tak satupun upaya serangan Manchester United mampu membuahkan gol dari 17 kali percobaan tendangan ke arah gawang dan 7 kali di antaranya sesuai target, tak satupun terkonversi menjadi gol.

Satu-satunya gol untuk keunggulan Manchester United tercipta bukan dari serangan sistematis tim, akan tetapi diperoleh dari tendangan pinalti yang terjadi pada menit ke-56 melalui eksekusi Bruno Fermamdes (18).

Hukuman pinalti bagi West Brom ini terjadi lantaran lengan pemain lini belakang West Brom, Darnell Furlong (2) mengenai bola pada saat Juan Mata (8) mengirim umpan silang, sehingga wasit menunjuk titik putih di area kotak terlarang untuk memastikan hukuam pilanti bagi West Brom.

Hingga babak kedua berakhir, kedudukan tetap 1 : 0 untuk keunggulan tuan rumah Manchester United atas tim tamu West Brom, dan menempatkan Manchester United naik satu peringkat ke peringkat 10 klasemen sementara, sedangkan West Brom harus puas di peringkat 18.

Raihan kemenangan Manchester United menjamu West Brom ini merupakan pencapaian rekor baru laga kandang sejak 7 Nopember 2015, dimana pada saat itu laga Manchester United menundukkan West Brom dengan skor 2 : 0.  

Hasil laga ini juga menegaskan kembali dominasi kemenangan Manchester United atas West Brom terhadap leseluruhan laga tandang maupun laga kandang, yang bahkan hanya sekali West Brom mengalahkan Manchester United, yang terjadi pada tanggal 6 Maret 2016 lalu, dengan kedudukan 1 : 0 untuk keunggulan tuan rumah West Brom.