Kalahkan Real Betis, Barca Menuju Trend Positif?


El Barca selama  5 kali pertandingan berturut-turut dalam putaran laga La Liga 2020-2021 tidak mampu meraih poin penuh sebelum akhirnya berhadapan dengan Real Betis pada hari Sabtu, 7 November 2020 pukul 22.15 wib dengan torehan poin sempurna.

Barcelona mengungguli Real Betis dengan torehan skor telak 5 : 0 ketika pertandingan berakhir dalam durasi 90 + 6 menit. Skor ini mencerminkan bahwa kedua tim bermain offensif dengan berbekal formasi 4-4-2 bagi Barcelona dan formasi 4-2-3-1 bagi Real Betis.

Kemenangan ini bagi El Barca bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat dalam 18 kali pertemuan  La Liga terakhir berhadapan dengan Real Betis, Barca hanya mengalami satu kali kekalahan saja ketika pertandingan digelar di Camp Nou pada bulan November 2018.

Pada pertandingan kali ini, ketika pertandingan berlangsung, Barca unggul lebih dahulu melalui gol cantik Ousmane Dembele (11) yang menerima umpan dari Antoine Griezmann (7) pada sisi kanan bagian dalam, kemudian melakukan tendangan keras ke arah pojok kiri atas tanpa ampun.

Pada menit ke-33, El Barca sebenarnya memiliki peluang menggandakan keunggulan melalui hadiah tendangan pinalti karena pemain bertahan Real Betis, Aïssa Mandi (23) menjatuhkan Ansu Fati (22) di kotak terlarang.  Namun kesempatan itu gagal dimaksimalkan oleh Antoine Griezmann (7) yang diberi kesempatan mengeksekusi tendangan pinalti.

Celakanya, memasuki masa injury time babak pertama pada menit ke-45 + 2, Real Betis mampu menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak penyerang lapis pertama Real Betis, Antonio Sanabria (19) dengan tendangan jarak dekat ke arah gawang, setelah mendapatkan umpan silang rendah ke arah tengah dari Sergio Canales (10).

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim harus puas untuk sementara dengan kedudukan berimbang skor 1 : 1, karena tidak ada lagi gol tercipta dari kedua tim setelah terciptanya gol penyeimbang dari Real Betis.

Tak perlu menunggu lama bagi El Barca untuk kembali mengungguli Real Betis ketika babak kedua dimulai.  Tepat setelah 4 menit babak kedua berjalan atau menit ke-49, Antoine Griezmann (7) menambah pundi-pundi gol bagi Barca dengan memanfaatkan umpan silang Messi (10).

Kesialan kembali menerpa Real Betis pada menit ke-60, ketika Aïssa Mandi (23) memblokri serangan Barcelona dengan memanfaatkan lengannya dan wasit menunjuk titik putih.  Eeksekusi pinalti oleh Messi tidak disia-siakan dan terkonversi menjadi gol tambahan bagi Barca pada menit ke-61.

Namun Real Betis tidak tinggal diam meski tersisa 10 pemain setelah Aïssa Mandi (23) dihadiahi kartu merah pada menit ke-60 atas insiden yang berakhir dengan tendangan pinalti untuk Barca tersebut.  Real Betis mengejar ketertinggalan dan mampu mengurangi selisih gol pada menit ke-73.

Pemain bertahan Real Betis, Alexandre Moreno Lopera (15) mengirim umpan  rendah ke area terlarang dan disambut striker Lorenzo Jesus Moran Garcia (6) yang menggantikan Antonio Sanabria (19) pada menit ke-71, dengan mengarahkan tembakan ke sudut kanan gawang dan gol tercipta untuk Real Betis.

Namun lagi-lagi El Barca menjaga jarak skor ketika pada menit ke-82, Lionel Messi (10) mencetak gol keduanya setelah menerima umpan dari Sergi Roberto (20) di sisi kanan dalam, yang kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang kuat ke arah sudut kanan atas.

Tepat setelah memasuki menit ke-90 wakti normal, Barcelona kembali menambah pundi-pundi golnya melalui tendangan kaki kiri Pedri (16) dengan memanfaatkan umpan rendah Sergi Roberto (20) yang mengarah ke depan gawang.

Keunggulan skor 5 : 2 untuk tuan rumah Barcelona bertahan hingga peluit panjang wasit dibunyikan tanda berakhirnya pertandingan selama 90 + 6 menit.  Sebelumnya pada menit ke 90 + 3, serangan melalui sepak pojok Real Betis sempat mengancam pertahanan Barca, tetapi penjaga gawang Barca berhasil mengamankannya.

Hingga putaran laga La Liga 2020-2021 pekan ke-7 ini berakhir, Baulgrana harus puas berada di peringkat ke-8 dengan mengoleksi 11 poin dari total 7 pertandingan yang dijalani sepanjang laga La Liga 2020-2021.

Hal ini mengingat dari 7 pertandingan yang dijalani El Barca tersebut, 3 kali dimenangkan ketika berhadapan dengan Villareal, Celta Vigo dan Real Betis, 2 kali seri ketika berhadapan dengan Sevilla dan Alaves, serta 2 kali harus mengakui kekalahan ketika bertanding dengan Getafe dan Real Madrid.