Hadapi Newcastle, Southtampton Amankan 3 Poin

Southtampton merupakan salah satu tim peserta Liga Premier Inggris 2020-2021 yang semakin menunjukkan trend perbaikan kinerja pertandingan hingga pekan ke-8 sejak Liga Inggris 2020-2021 digelar.  Hingga pekan ke-8, tim ini berhasil menyodok ke puncak  klasemen sementara Liga Premier Inggris.

Bagaimana tidak, tim ini harus mengawali catatan pertandingan dengan menelan 2 kali kekalahan secara beruntun di awal Liga Premier Inggris, namun perlahan tetapi pasti mulai memperbaiki pencapaiannya di pekan ke-3 hingga pekan ke-8 saat ini.

Kekalahan pertama yang menyakitkan bagi Southtampton adalah ketika betandang ke markas lawan dan berhadapan dengan Crystal Palace di awal putaran Liga Premier Inggris, dengan skor tipis 1 : 0 untuk kemenangan Crystal Palace.  

Hasil buruk ini berlanjut pada pertandingan selanjutnya ketika ditekuk dengan skor telak  oleh Tottenham Spur, dengan skor 5: 2 untuk kemenangan Tottenham Spur.  Celakanya, kekalahan yang memalukan tersebut harus dialami ketika pertandingan digelar di markas Southtampton sendiri.

Untungnya situasi ini tidak berlanjut ketika Southtampton melanjutkan perjuangannya melalui tahap demi tahap putaran pertandingan yang digelar di Liga Premier Inggris.  Hasil positif mulai terlihat pada pekan ketiga ketika Southtampton berhadapan dengan Bumley, dengan pencapaian hasil positif kemenangan tipis 1 : 0.

Hingga akhirnya, untuk pertandingan selanjutnya Southtampton terus menunjukkan trend pencapaian positif tak terkalahkan hingga pada laga Liga Premier Inggris pekan ke-8, dengan mencapai 4 kali kemenangan, yakni ketika menghadapi West Brom, Everton, Aston Villa dan Newcastle.  

Satu-satunya hasil seri, diperoleh ketika Southtampton berhadapan dengan Chelsea pada pekan ke-5 putaran Liga Premier Inggris dengan kedudukan sama saat itu 3 : 3 untuk kedua tim.

Konsistensi peningkatan performa tim Southtampton ini berhadiah manis, karena sejak pekan ke-7 Liga Premier Inggris, Southtampton berhasil mengkudeta pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris hingga pekan ke-6, Everton.

Kemenangan Southtampton atas Newcastle pada laga pekan ke-8 Liga Premier Inggris ini mengamankan 3 poin untuk Southtampton, yang untuk sementara ini masih membantu untuk tetap bertengger di puncak klasemen sementara.

Namun, kedudukan pemuncak klasemen sementara pekan ini belum benar-benar aman.  Hal ini mengingat beberapa tim berpotensi menyodok ke atas mencapai puncak klasemen apabila mampu menyapu bersih sisa pertandingan pekan ini.

Beberapa tim tersebut adalah Liverpool dengan potensi skor 19 poin apabila berhasil memenangkan pertandingan kedepannya, kemudian ada lagi Leicester City akan mencapai skor 18 apabila memenangkan satu laga sisa

Ada lagi Tottemham Spur dengan skor 17 apabila sukses mengamankan 3 poin, Aston Villa akan mencapai skor 18 apabila mampu mengamankan 6 poin dari 2 pertandingan sisanya. demikian juga dengan Manchester City juga berpeluang ketika mampu mengoleksi 6 poin dari 2 pertandingan yang dimiliki.