Deretan Pemain Asing di Arema dan Kontribusinya

Bersamaan dengan bencana pandemi Covid19 ketika Liga 1 dan Liga 2 Indonesia masih sedang bergulir dan kemudian terpaksa dihentikan dalam ketidakpastian keberlanjutannya, beberapa pemain asing memilih meninggalkan klub-klub peserta Liga 1 Indonesia.

Tidak terkecuali hal ini terjadi juga pada klub yang berbasis di Malang Jawa Timur, Arema.  Tim ini terdampak dimana pelatihnya Mario Gomez dan dua striker asingnya yakni Jonathan Bauman dan Oh In Kyun memilih untuk mundur dari Singo Edan.

Secara keseluruhan dari tim-tim peserta Liga 1 Indonesia, tercatat ada sejumlah pemain asing yang memilih mengundurkan diri dari klub karena berbagai alasan, terutama terkait dengan negosiasi gaji pemain.  

Beberapa pemain asing yang memutuskan mengundurkan diri tersebut adalah:  (1) Petteri Pennanen (Tira Persikabo);  (2)  Rafael Gomes de Olivera (Persela Lamongan; (3) Jonathan Bauman (Arema FC; (4)  Oh In-kyun (Arema FC; (5) Sylvano Comvalius (Persipura Jayapura); (6) Ante Bakmaz (Persik Kediri); (7) Nicola Asceric (Persik Kediri), dan (8) Mateo Bustos (Persita Tangerang).

Namun demikian, setelah ditinggal dua pliar pemain asingnya, bukan berarti Arema kehabisan amunisi pemain asingnya.  Setidaknya masih ada 5 pemain asing yang tetap memilih bertahan di Markas Arema, untuk tetap memperkuat tim berjuluk Singo Edan tersebut.

Beberapa pemain ini adalah Sylvano Comvalius nomor punggung (99) dengan posisi sebagai penyerang (forward), Ricky Kayame nomor punggung (21) dengan posisi sebagai penyerang (forward) dan Makan Konate nomor punggung (10) dengan posisi sebagai penyerang (forward).

Berikutnya  Arthur Cunha nomor punggung (44) dengan posisi sebagai defender (pertahanan), dan Takafumi Akahoshi nomor punggung (77) dengan posisi sebagai defender (pertahanan). 

Sejauh ini kontribusi dari para pemain tersebut terhadap produktivitas gol dan kemenangan Arema ketika menghadapi lawan-lawannya, antara lain:  

  • Sylvano Comvalius (99) telah berpartisipasi dalam 27 pertandingan, dengan total gol sebanyak 5 dan total assist sebanyak 8 kali, belum pernah mendapatkan kartu merah dan sekali dihadiahi kartu kuning.
  • Ricky Kayame (21) telah berpartisipasi dalam 30 pertandingan, dengan total gol sebanyak 4 dan total assist sebanyak 5 kali, belum pernah mendapatkan kartu merah dan 3 kali dihadiahi kartu kuning.
  • Makan Konate (10) telah berpartisipasi dalam 33 pertandingan, dengan total gol sebanyak 16 dan total assist sebanyak 11 kali, belum pernah mendapatkan kartu merah dan 3 kali dihadiahi kartu kuning
  • Arthur Cunha (44) telah berpartisipasi dalam 28 pertandingan, dengan total gol sebanyak 2 dan total assist sebanyak 3 kali, belum pernah mendapatkan kartu merah dan 5 kali dihadiahi kartu kuning.
  • Takafumi Akahoshi (77) telah berpartisipasi dalam 13 pertandingan, dengan total gol sebanyak 0 dan total assist sebanyak 1 kali, belum pernah mendapatkan kartu merah dan 1 kali dihadiahi kartu kuning.

Demikian sedikit gambaran dari keberadaan pemain asing yang keluar masuk klub Arema dan berbagai kontribusi yang ditorehkan selama membela Arema, sebuah klub yang bermarkas di Malang Jawa Timur dengan suporternya yang terkenal paling solid, loyal dan penuh dedikasi.