Defender Madrid dan Barca Amankan Gawang Spanyol

Apa jadinya jika kekuatan dan keunggulan dua klub raksana Spanyol, Barcelona dan Real Madrid disatupadukan menjadi sebuah tim sepakbola?   Tentu yang ada dalam bayangan dan benak banyak orang adalah sebuah fenomena kekuatan sepakbola yang mungkin saja jadi dambaan pecinta bola,  khususnya Timnas Spanyol.

Tetapi, impian tersebut merupakan sesuatu yang mustahil diwujudkan.  Hal ini mengingat dalam kedua tim raksasa tersebut, tidak semua pemain merupakan warga negara Spanyol.  Bahkan para pemain yang berposisi sebagai striker atau penyerang tangguh di kedua tim merupakan warga negara asing.

Tetapi, itu bukan berarti segalanya menjadi tidak mungkin.  Setidaknya pada saat ini bisa disaksikan kekuatan Timnas Spanyol ketika berpartisipasi dalam UEFA Nations League 2020-2021.

Kekuatan Timnas Spanyol ini terutama ketika menghadapi Timnas Jerman, lini pertahanan Timnas Spanyol diperkuat oleh dua defender dari Real Madrid dan Barcelona.

Sergio Ramos (15), defender Real Madrid bernomor punggung (4) di klub harus bekerjasama dengan defender Sergi Roberto (20), defender Barcelona bernomor punggung (20) di klub asalnya.

Keduanya diposisikan sebagai defender di sisi kiri, dimana Sergio Ramos di posisi tengah kiri dan Sergi Roberto di sebelah kiri tepi, untuk membendung ketajaman serangan striker Timnas Inggris, Timo Warner (9), yang disokong gelandang handal Toni Kroos (8).

Formasi manajer Timas Spanyol tersebut tampaknya efektif, mengingat hingga pertandingan kedua timnas tersebut usai, gawang Spanyol tetap aman dan bahkan memastikan keunggulan telak 6 : 0 atas Timnas Jerman.  Meskipun, Sergio Ramos (15) digantikan Eric Garcia (12) pada menit ke-42 babak pertama.