Bali Jawara Tujuan Wisata Paling Romantis di Asia

Bali menerima anugerah penghargaan sebagai destinasi wisata paling romantis di Asia (Asia's Most Romantic Destination 2020).  Di samping itu, Bali juga berhasil menyabet jawara destinasi wisata untuk tujuan pernikahan di Asia (Asia's Leading Wedding Destination 2020).  
 
Penghargaan tersebut diberikan oleh World Travel Awards, yang merupakan program penghargaan unggulan dalam industri pariwisata dan perhotelan.  Pemenang untuk wilayah Asia 2020 diumumkan pada tanggal 3 Nopember 2020.
 
Penganugerahan ini meneguhkan status Bali sebagai jawara tujuan wisata  paling romantis di Asia (Asia's Most Romantic Destination) dan destinasi wisata untuk tujuan pernikahan di Asia (Asia's Leading Wedding Destination) selama dua tahun berturut-turut.  Mengingat setahun sebelumnya (2019), penghargaan yang sama juga diraih Bali.

Nominator World Travel Awards ini ditentukan berdasarkan hasil pengumpulan suara yang diberikan oleh profesional industri perjalanan dan publik, dimana nominator yang memperoleh suara terbanyak dalam suatu kategori ditetapkan sebagai pemenang.  Pengumpulan suara dilakukan selama setahun terhadap biro perjalanan, pariwisata, dan perhotelan top dunia. 

Pendiri World Travel Awards, Graham Cooke menyampaikan bahwa pemenang penghargaan mewakili yang terbaik dari sektor perjalanan dan pariwisata Asia dan mengucapkan selamat kepada para pemenang, yang telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa di tahun tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Graham Cooke juga menambahkan bahwa program World Travel Awards 2020 mencapai rekor baru terkait jumlah suara yang diberikan oleh publik, yang menunjukkan bahwa minat untuk perjalanan dan pariwisata tidak pernah sekuat ini dan menjadi pertanda baik bagi masa depan industri saat pemulihan global dimulai. 


Penghargaan Lainnya untuk Bali

Sebagai destinasi wisata dunia, sebelum menerima penghargaan sebagai pemenang  tujuan wisata  paling romantis di Asia (Asia's Most Romantic Destination) dan destinasi wisata untuk tujuan pernikahan di Asia (Asia's Leading Wedding Destination) selama dua tahun berturut-turut.  Bali juga pernah menerima anugerah penghargaan bergengsi lainnya.

Pada tahun 2014, Bali menerima penganugerahan sebagai pulau destinasi atau tujuan wisata sedunia atau World's Leading Island Destination 2014.  Penghargaan lainnya juga, secara berturut-turut diperoleh pada tahun 1998 dan tahun 1999.

Bali mendapatkan anugerah penghargaan sebagai pemenang tujuan wisata Asia Pasifik 1998 (Asia/Pacific's Leading Destination 1998) dan tujuan wisata Asia Pasifik 1999 (Asia/Pacific's Leading Destination 1999). 

 

Kemenangan World Travel Awards Kategori Lainnya

Beberapa penghargaan sebagai pemenang pada beberapa kategori yang bersifat individual juga diraih pelaku usaha yang bergerak di sektor pariwisata dari Indonesia, termasuk yang menjalankan usahanya di tujuan wisata pulau Bali.

Penganugerahan untuk kategori Asia's Leading All-Inclusive Resort 2020 diraih oleh Samabe Bali Suites & Villas, Indonesia, sedangkan untuk penghargaan untuk kategori Asia's Leading City Resort 2020 diraih DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro, Indonesia.

Penghargaan untuk kategori Asia's Leading Family Resort 2020 diraih oleh The Singhasari Resort, Indonesia, sedangkan Anugerah kategori Asia's Leading Luxury Wedding Resort 2020 dimenangkan InterContinental Bali Resort, Indonesia,

Terakhir pelaku usaha yang bergerak di sektor pariwisata dari Indonesia juga menerima penghargaan dari World Travel Awards dalam kategori Asia's Leading Resort 2020 diterima oleh Bvlgari Resort Bali, Indonesia. 


Para Pemenang World Travel Awards Lainnya 

Indonesia harus banyak belajar dari India, apabila berbicara terkait ketangguhannya menarik sebanyak-banyaknya wisatawan.  Hal ini mengingat India memenangkan persaingan ketat kategori tujuan utama wisata di Asia (Asia’s Leading Destination).

Tetapi fakta ini sesungguhnya bukan sesuatu yang mengejutkan.  Hamparan daratan India yang sangat luas dan dipenuhi dengan berbagai kekayaaan situs peninggalan budaya kuno yang monumental, jumlah penduduknya yang sangat besar dan posisi negara ini yang jauh lebih dekat dengan kawasan Eropa, dan berbatasan darat langsung dengan Tiongkok serta dekat dengan wilayah Rusia menjadi modal penentu yang sangat potensial.

Filipina berhasil membangun destinasi wisata pantai dengan sangat baik, sehingga berhak mendapatkan anugerah penghargaan untuk ,kategori destinasi pantai terkemuka di Asia (Asia’s Leading Beach Destination) dan sekaligus destinasi selam terkemuka di Asia (Asia’s Leading Dive Destination).

Letak geografis kepulauan Filipina sebagai negara kecil yang terletak di sekitar lautan pasifik dan dekat dengan Hawai serta kawasan Indocina, Korea dan Jepang memberikan keuntungan tersendiri dari pengembangan pariwisata di kawasan negara tersebut.

Pengembangan berbagai potensi pariwisata pantai dan selam (diving) di Indonesia seharusnya dapat mengambil pelajaran berharga dari kesan yang ditimbulkan kepada wisatawan dan pelaku usaha pariwisata dari pengembangan destinasi pantai Filipina ini.

Sri Lanka juga tidak luput dari penghargaan bergengsi di dunia pariwisata tersebut.  Konsep destinasi wisata yang mempersembahkan kekayaan adrenalin dapat dirasakan para wisatawan di Sri Lanka, sehingga berhak mendapatkan anugerah sebagai tujuan wisata petualangan terkemuka di Asia (Asia’s Leading Adventure Tourism Destination).

Apabila ada potensi pariwisata di Indonesia yang dapat dikembangkan untuk petualangan yang menawarkan ketegangan adrenalin, sepertinya pariwisata di Sri Lanka dapat dijadikan benchmark untuk tingkat Asia.  

Penghargaan World Travel Awards 2020 sektor perhotelan menyasar Raffles Singapore yang ikonik sebagai Asia's Leading Hotel, bersama-sama dengan Bvlgari Resort Bali yang menerima anugerah Asia's Leading Resort, dan surga pelarian Amanpulo, Filipina menyabet Asia's Leading Private Island Resort.

Pelaku usaha pariwisata di Vietnam, InterContinental Danang Sun Peninsula Resort yang megah menerima anugerah resor mewah terkemuka di Asia (Asia’s Leading Luxury Resort) dan resor hijau terkemuka di Asia (Asia’s Leading Green Resort). 

Satu lagi hotel Vietnam yang memperoleh penghargaan bersengsi ini. Hotel de la Coupole, MGallery Sapa Vietnam terpilih sebagai Asia's Leading Design Hotel karena perpaduan yang mempesona dari haute couture Indochine Prancis dalam suasana pegunungan. 

Tower Club di lebua, yang terkenal di Bangkok menerima anugerah penghargaan Asia's Leading Luxury All Suite Hotel. Aarunya Nature Resort & Spa di Sri Lanka menerima penghargaan sebagai resor butik terkemuka di Asia (Asia’s Leading Boutique Resort).

World Travel Awards juga menganugerahkan penghargaan untuk kategori pendatang baru, dimana hotel Conrad Hangzhou, Tiongkok terpilih sebagai Asia's Leading New Hotel dan resort Premier Village Ha Long Bay Resort, di Vietnam menerima penghargaan Asia's Leading New Resort.

Selengkapnya, silahkan cek dengan klik di sini.