Arsenal Betindak Nyata Atasi Perubahan Iklim

 


Apabila ada istilah "Talk More Do Less" atau banyak bicara sedikit bekerja, tampaknya ini sebagian atau seluruhnya tak berlaku bagi Arsenal, yang sesungguhnya justru lebih memilih “Talk Less Do More”  atau sedikit bicara banyak bekerja.

Demikianlah kira-kira gambaran tentang apa yang sedang dilakukan Arsenal saat ini untuk secara nyata berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim (climate change), yang menjadi salah satu isu utama dalam membangun  peradaban dunia.

Arsenal membuktikan komitmennya untuk menjadi bagian penting dalam mengatasi perubahan iklim dengan mengambil inisiatif menjadi klub Liga Premier pertama yang mendaftar ke Kerangka Kerja Aksi Iklim Olahraga PBB. 

Sementara itu, inisiatif PBB terkait perubahan iklim di dunia olahraga, semata-mata bertujuan untuk menyatukan komunitas olahraga global dengan komitmen untuk menyelaraskan dengan tujuan Perjanjian Paris dan mendukung ambisi untuk mencapai netralitas iklim pada tahun 2050. 

Komitmen dan tindakan nyata Arsenal ini bukan main-main, tetapi dilakukan secara serius, konsisten dan penuh rasa tanggung jawab serta sudah menjadi bagian dari keputusan, kebijakan dan tindakan Arsenal selama ini.

Hal ini setidaknya dibuktikan dengan langkah Arsenal yang telah menerapkan sejumlah inisiatif kebijakan ramah lingkungan yang diberlakukan di seluruh bagian klub, terutama dalam beberapa tahun terakhir.  

Arsenal menjadi klub sepak bola pertama di Inggris yang memasang penyimpanan energi baterai skala besar pada tahun 2018. Sistem penyimpanan baterai tersebut dapat memberi daya pada Stadion Emirates untuk seluruh pertandingan, atau setara dengan 2.700 rumah selama dua jam  

Sejak 1999, lebih dari 29.000 pohon telah ditanam di pusat pelatihan kami di London Colney untuk membuat Kayu Colney.  Arsenal juga telah memasang sistem daur ulang air di pusat pelatihan untuk menggunakan kembali air yang berasal dari lapangan, dimana bahkan pada tahun lalu, Arsenal telah mendaur ulang lebih dari 4,5 juta liter air.

Arsenal meluncurkan kemitraan dengan Octopus Energy sejak pada tahun 2016 dan menjadi klub Liga Premier pertama yang beralih ke listrik hijau 100 persen.  Sebuah langkah "go green" yang patut dicontoh dan diacungi jempol.

Kemudian, bekerja sama dengan Camden Town Brewery, Arsenal merupakan klub Liga Premier pertama yang menguji coba skema piala yang dapat digunakan kembali selama musim 2018/19. Skema ini menjadi terintegrasi penuh pada awal musim 2019/20, menghemat penggunaan sekitar 20.000 gelas plastik sekali pakai per pertandingan saat Stadion Emirates penuh.

Pada bulan Oktober tahun ini, Arsenal meluncurkan kemitraan dengan perusahaan pengemasan aluminium global Ball Corporation yang dirancang untuk membantu klub dan jutaan penggemar Arsenal di seluruh dunia mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

Pusat pelatihan Arsenal sekarang 95 persen bebas dari botol plastik sekali pakai.  Arsenal juga telah memperkenalkan lebih banyak dispenser air di semua lokasi, sehingga menghemat 150.000 botol air plastik sekali pakai per tahun.  Arsenal telah mengurangi energi dengan memasang lampu LED otomatis di semua lokasi klub.

Sebagai sebuah klub sepakbola profesional, langkah penting Arsenal ini dapat menjadi contoh bagi banyak pihak dan banyak orang untuk mengambil tindakan nyata turut mengatasi fenomena perubahan iklim, yang dalam jangka panjang mengancam keberlangsungan kehidupan.

Langkah Arsenal yang penuh semangat ini, patut diapresiasi dengan setinggi-tingginya, dan menjadi kebanggaan nyata bagi seluruh suporter Arsenal di seluruh dunia, the Gooners yang juga penuh semangat membara menebar kebaikan bagi seluruh dunia.