Naturalisasi Pemain Persija Dapat Dukungan Resmi


Kemenpora dalam laman resminya menjelaskan Permohonan Kemenpora RI atas pemberian kewarganegaraan terhadap pesepak bola klub Persija Jakarta asal Belanda serta tiga atlet dari cabang basket mendapat dukungan penuh dari  DPR RI pada rapat kerja dengan DPR RI yang diselenggarakan secara virtual.

Permohonan tersebut diajukan Kemenpora RI atas nama Brandon Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, Lester Prosper, dan Marc Anthony Klok untuk selanjutnya diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menpora RI mempertimbangkan aspek urgensi pada pengajuan proses naturalisasi. Harapannya, atlet yang nantinya sudah resmi menjadi WNI harus bisa memberikan dampak yang baik terhadap cabang olahraga dan pimpinan cabang olahraga melakukan monitoring terus perkembangannya.

Menkumham menyampaikan bahwa Pemerintah RI mendukung pemberian kewarganegaraan RI yang dimohonkan oleh Kemenpora atas nama Brandon Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, Lester Prosper, serta Marc Anthony Klok.  

Yasona Laoly juga menyampakan harapan terkait kehadiran para pemain naturalisasi tersebut dapat memberikan prestasi yang mengharumkan nama bangsa, dalam hal ini melalui bola basket dan sepak bola. 

Baca juga:  Football without Fans is Nothing ...

DPR RI menyambut baik permohonan Kemenpora RI terrsebut.  Wakil Ketua Komisi III Adies Kadi yang manyampaikan informasi sikap DPR RI menegaskan  bahwa Komisi III dapat menyetujui pertimbangan permohonan WNI 

Keempat atlet turut hadir secara virtual dengan mengenakan batik dan tampak antusias. Komisi III DPR RI meminta mereka untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan teks Pancasila. Proses tersebut dilakukan dengan lancar dan mendapatkan tepuk tangan

Sebagaimana diketahui bersama, Indonesia memang sudah mengukir prestasi Internasional pada sejumlah cabang olahraga, seperti misalnya bulutangkis. 

Namun, persoalan besar prestasi masih menjadi pekerjaan rumah dari beberapa cabang lainnya seperti bola basket dan sepakbola.kita masih membutuhkan bakat-bakat dari negara lain yang mau mengabdikan dirinya bagi Tanah Air.

 

Kronologi Pengajuan Permohonan Naturalisasi Klok

Kemenkumham dalam laman resminya menyebutkan tahapan pengajuan permohonan naturalisasi 3 pemain basket dan 1 pemain sepakbola.  Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui kronologi pengajuan naturalisasi pemain Persija, Marc Anthony Klok.

Permohonan naturalisasi diajukan atas niat PSSI memberikan kewarganegaraan Indonesia bagi Marc Anthony Klok (Belanda) untuk memperkuat timnas senior, menyusul diajukannya tiga pemain asing atlit basket profesional.

Dokumen permohonan kewarganegaraan ini kemudian diperiksa oleh Tim Pemeriksa dan Peneliti Pemberian Kewarganegaraan (TP3K) yang terdiri dari Kemenkumham, Kemensetneg, BIN, dan PSSI pada 31 Januari 2020. 

Berkas permohonan dinilai TP3K telah memenuhi kelengkapan persyaratan sesuai Pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2007 tentang Tata Cara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan, dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraaan Republik Indonesia. 

Menkumham mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Februari 2020, melalui Menteri Sekretaris Negara perihal permohonan untuk memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia.

Bendasarkan ketentuan Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, Bapak Presiden telah menyampaikan surat kepada DPR RI  Nomor: R-12/Pres/02/2020 tanggal 19 Februari 2020 atas nama Marc Anthony Klok perihal Permohonan Pertimbangan Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia.

 

Sikap Manajemen Persija Jakarta

Dilansir dari laman Liga Indonesia, Presiden Persija Mohamad Prapanca menyampaikan harapan Klok semakin bersemangat untuk bekerja keras serta memberikan prestasi terbaik untuk Persija dan tentu saja bagi Timnas Senior Indonesia. 

Prapanca memberikan ucapan selamat kepada Klok yang sedikit lagi mendapatkan status WNI. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu proses naturalisasi Klok, dan menilai hal ini sebagai sesuatu yang baik bagi Persija dan Indonesia. 

Baca juga:  Paulo Sergio Mundur karena Masalah Pribadi? 

Marc Anthony Klok tentu saja merasa berbahagia karena sebentar lagi memiliki kesempatan bermain di Timnas Indonesia.  Klok berharap dapat memberikan kesuksesan dan membawa pengaruh positif untuk sepak bola Indonesia. Memberikan banyak piala dan menjadi inspirasi para pemain muda Indonesia.

Sebagaimana diketahi Klok berada di Indonesia sejak 2017, sehingga sudah cukup membuat Klok mencintai negara ini, karena faktor kultur, alam, budaya dan masyarakatnya.