Khabib Nurmagomedov Pensiun, Beberapa Hal Ini Jarang Diketahui Publik


Khabib Nurmagomedov, atlet MMA asal Dagestan Rusia, juara UFC Lightweight dengan catatan karir profesional sempurna 29: 0, termasuk pertandingan terakhir yang mengalahkan Justin Gaethje pada minggu dini hari tadi (25 Oktober 2020).

Pasca kesuksesan pertandingan UFC ke-29 pada kelas ringan terbaik tersebut, Khabib Nurmagomedov menyatakan mengundurkan diri (pensiun) dari dunia yang membesarkan namanya tersebut.

Ssesungguhnya di balik kisah suksesnya sebagai seorang atlet profesional, ada banyak fakta menarik tentangnya yang sebagian dari kisah tersebut tidak diketahui banyak orang.  

Tampaknya menjadi menarik di sini apabila dibagikan beberapa hal  tentang Khabib, terkait biografi, kehidupan pribadinya, hari-hari awal sebelum ia menjadi terkenal di dunia MMA, atau bahkan selama menjadi atlet profesional serta terkait keluarganya. 


1.  Mulai berlatih gulat pada usia 6 tahun

Khabib Nurmagomedov sesungguhnya mulai mengenal dan berlatih gulat gaya bebas sejak usianya masih anak-anak, yakni ketika berusia 6 tahun. 

Petarung yang berjuluk "Si Rlang" tersebut dilatih oleh ayahnya sendiri, Abdulmanap Nurmagomedov, yang tidak lain merupakan salah seorang spesialis judo dan sambo tanding terbaik di Dagestan, Rusia. 

Kakek Khabib, Magomed, juga seorang pegulat gaya bebas, jadi itu adalah fakta bahwa Khabib memiliki semua yang dibutuhkannya sejak awal untuk menjadi seorang atlit profesional sukses seperti sekarang ini.

 

2.  Sukses di semua jenis gulat dan bela diri di masa remaja

Pada saat masih remaja, Khabib Nurmagomedov berhasil di semua jenis gulat dan seni bela diri yang populer di Rusia seperti judo, sambo tanding, pankration, grappling, gulat Yunani-Romawi. 

Menurut pengakuan ayahnya, pengetahuan dan keterampilan terkait dengan seluruh teknik-teknik tersebut menjadi kunci sukses Khabib ketika menjadi atlet profesional di MMA. Bekal itulah yang membuatnya lebih fleksibel dibandingkan lawan-lawannya.

 

3.  Menyukai sepakbola

Khabib Nurmagomedov merupakan sosok yang menyukai olahraga populer seperti sepak bola.  Sejak masa kecilnya,  Khabib tidak ketinggalan menikmati tontonan pertandingan sepak bola.

Terutama sekali, Khabib mulai menonton sejak Piala Dunia 1994. Bahkan sebelum Khabib mengalami cedera lutut, dia akan sering bermain.

Tim favoritnya adalah Anzhi Makhachkala dari tempat asalnya. Khabib juga merupakan penggemar lama Real Madrid dan berteman baik dengan salah satu pemain paling populer di dunia Cristiano Ronaldo.


4.  Sangat religius

Khabib Nurmagomedov dikenal sangat religius, sekaligus diketahui sebagai sosok seorang Muslim yang taat, dan sampai saat terkahir pengunduran dirinya, tidak pernah bertarung selama bulan suci Ramadhan. 

Khabib menjalankan ibadah puasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan, dan hanya berlatih pada larut malam dan malam hari. Sebagai seorang muslim yang taat, Khabib juga tidak minum alkohol setiap saat.

 

5.  Penggemar berat Fedor Emelianenko

Khabib Nurmagomedov sesungguhnya merupakan penggemar berat Fedor Emelianenko, seorang petarung MMA yang paling populer dan dihormati di Rusia. 

Khabib  Nurmagomedov dan Fedor Emelianenko bertemu untuk pertama kalinya pada tahun 2004 di kompetisi sambo tarung di Makhachkala “Dagestan Open” yang dimenangkan Fedor. 

Sejak saat itu, Khabib mengikuti karier Fedor dan menyaksikan semua pertarungan MMA yang melibatkan Fedor Emelianenko sebagai salah satu petarungnya. 

Pada salah satu kesempatan wawancaranya, Khabib mengatakan bahwa Fedor adalah bagian dari alasan mengapa dia mencintai MMA dan mengapa dia memilih MMA dibanding cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

 

6.  Berencana akan bertanding hingga usia 32 tahun

Menurut pengakuan ayahnya, Khabib Nurmagomedov akan bertarung hingga mencapai usia 32 tahun. Abdulmanap pernah menyebutkan bahwa putranya tidak akan bertarung lebih lama lagi. 

Sang Ayah, Abdulmanap mengatakan bahwa usia 32 tahun mungkin merupakan usia ketika kondisi fisik Khabib  Nurmagomedov akan turun dan akan memutuskan berhenti bertarung di level tertinggi.

 

7.  Atlet Rusia paling populer di instagram

Khabib Nurmagomedov merupakan atlet Rusia paling populer di Instagram. Pertambaham folowwer-nya pun tergolong sangat cepat.  Pada saat Agustus 2018 masih memiliki lebih dari 3 juta pengikut di Instagram.

Perkembangan follower instagramnya kini (per 25 Oktober 2020) mencapai 23,4 juta dari berbagai pelosok dunia.  Perkembangan yang sangat signifikan dibanding Agustus 2018, dua tahun yang lalu, ketika follower-nya berkisar 3 juta lebih.


8.  Berat badan di antara pertandingan 90 kg

Berat badan Khabib Nurmagomedov selama waktu istirahat di antara pertandingan mendekati 200 lb (90 kg). Khabib dikenal karena banyak mengurangi beban tubuhnya.

Khabib bermain sesuai aturan yang ditetapkan oleh organisasi, dan aturan ini sama untuk semua orang sehingga siapa pun dapat menggunakannya untuk keuntungannya sendiri.

 

9.  Khabib "memperingatkan Amerika"

Khabib Nurmagomedov pernah melontarkan pernyuataan yang dianggap dimaksudkan sebagai candaan pada akhir 2014 bahwa sanksi Amerika Serikat terhadap Rusia membuatnya ingin menghancurkan petarung Amerika.

Khabib mengatakan “Pergi ke Amerika dan melawan petarung Rusia tidak begitu menyenangkan. Karena banyak sekali petarung asing yang bisa dan harus dikalahkan. Terutama orang Amerika, ”lanjut Nurmagomedov sambil tertawa.

"Saya sekarang mulai pulih dari cedera," kata Nurmagomedov. "Dalam dua bulan saya akan mulai berlatih 100%, baik gulat dan lainnya. Pettis akan mempertahankan gelarnya pada 6 Desember, dan mungkin setelah pertarungan saya akan dinyatakan sebagai penantang berikutnya. Jika saya tidak diumumkan, saya tidak akan tersinggung. Saya akan terus melatih dan mengalahkan semua orang Amerika. Untuk sanksi mereka. " (cek di sini)

 

10.  Khabib mengaku sebagai koboi sejati

Sebelum pertarungan UFC 187, Khabib Nurmagomedov membongkar rentetan pembicaraan sampah berbasis media sosial Donald Cerrone, ketika "Cowboy" Donald Cerrone mengakui perang kata-kata sangat mengganggu (cek di sini):

Khabib Nurmagomedov menaggapi di sela-sela tawa "Ini lucu sekali, koboi itu palsu. Menurutku dia tidak benar-benar koboi, menurutku dia palsu. Dia selalu minum, mabuk. Menurutku dia tidak benar-benar koboi. 

Aku benar-benar koboi. Aku pria gunung. Saya berlatih sepanjang hidup saya, saya bergulat dengan beruang. Saya benar-benar koboi. Dia pria pemabuk. Saya koboi Dagestan, 100 persen".

 

11.  Khabib mengaku tidak peduli dengan uang

Khabib Nurmagomedov menganggap pertarungan kelas ringan UFC hadiah yang penting bukanlah uangnya. Baginya, satu-satunya hadiah yang penting adalah sabuk juara.

Jika Khabib Nurmagomedov memenangkan pertarungan berikutnya, Petarung berjuluk "The Eagle" tersebut mengatakan harus benar-benar mendapatkan kesempatan untuk memenangkan emas UFC.  (cek di sini)

"Saya peduli dengan sabuknya," kata Nurmagomedov. “Saya ingin menyelesaikan laga ini dan memperjuangkan gelar. Saya tidak peduli siapa yang memiliki gelar, siapa yang menang (antara Alvarez dan McGregor). Saya tidak peduli dengan uang.

Baca juga:  Apa Pencapaian Terbaik sebagai Atlet Profesional Bagi Seorang Khabib


“Saya tahu banyak petarung memperjuangkan uang, tetapi uang bukanlah segalanya bagi saya. Saya tahu uang sangat penting bagi kehidupan, tetapi saya punya uang. Saya tidak pernah menggunakan MMA untuk menghasilkan uang". 

"MMA bagi saya adalah tentang hidup saya, tentang darah saya dan tentang semua yang saya lakukan sepanjang hidup saya. Uang, saya bisa menghasilkan uang dengan barang lain. Saya punya uang. Saya memiliki segalanya. Saya butuh sabuknya"


12.  Sosok Istri Khabib

Foto Khabib dan istrinya dengan wajah tertutup dari pernikahan adalah satu-satunya foto asli mereka. Foto-foto lain yang mungkin pernah Anda lihat di internet adalah palsu atau diambil dengan penggemar atau teman-temannya. (cek di sini)

Wajah istri Khabib tidak pernah diperlihatkan ke publik dan dilindungi dengan sangat ketat. Khabib sendiri tidak pernah membicarakan atau memposting foto istri atau anak-anaknya di media sosial atau di tempat lain.

Patimat Nurmagomedova tinggal bersama Khabib di Dagestan dan menghabiskan waktu penuh untuk membesarkan anak-anak di rumah.


13.  Menikah pada tahun 2013

Khabib dan istri menikah di desa Kirovaul dekat Makhachkala tempat tinggal Nurmagomedov.  Itu adalah pernikahan besar yang dirayakan oleh seluruh desa; menurut ayah Khabib, sepanjang hari pernikahan datang hampir 4000 orang (cek di sini). 

Tempat pernikahan memiliki kapasitas 1.200 orang dan mereka harus mengganti tamu 3 kali agar semua orang dapat masuk.Disebutkan bahwa aula didekorasi dengan mewah namun hari itu menelan biaya total sekitar £16.000, dengan segala macam tarif pasangan ditawarkan kepada Khabib dan keluarganya..

 

14.  Anak-Anak Khabib

Pada 2019, Khabib memiliki dua anak - perempuan (lahir Juni 2015) dan laki-laki (lahir Desember 2017). Nama putrinya adalah Fatima Nurmagomedova; seorang putra dinamai menurut kakek buyut Khabib - Magomed Nurmagomedov.

Pada 31 Agustus 2019 Abdulmanap Nurmagomedov berbicara kepada media Rusia bahwa Khabib dan istrinya sedang menantikan anak ketiga mereka. . Anak ketiganya, laki-laki, lahir pada 22 Desember 2019, (cek di sini)


15.  Istri Khabib adalah kerabat jauhnya

Abdulmanap Nurmagomedov, ayah Khabib, dalam salah satu wawancara dengan surat kabar Rusia Sport-Express, menyebutkan bahwa istri Khabib adalah kerabat jauhnya (cek di sini).

Sebenarnya ia memiliki nama belakang Nurmagomedova bahkan sebelum ia menikah dengan Khabib.  Sebuah desa tempat Khabib dan Patimat dibesarkan (desa Sildi) sangat kecil dan hampir semua orang di luar sana relatif satu sama lain.