Virtual Indonesia Festival 2020


Dialnsir dari laman instagram KJRI Perth (@indonesiainperth), diperoleh informasi belum lama ini, KJRI Perth beserta komunitas Indonesia yang berada di Australia Barat berkolaborasi dengan berbagai pihak berhasil menyelenggarakan Virtual Festival Indonesia 2020 bertemakan "Let's Strive Together" pada tanggal 12/09/2020. 

Acara dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Australia, Bapak Kristiarto Suryo Legowo, dan kemudian disusul sambutan Deputi Menparekraf Ibu Nia Niscaya, serta Minister for Asian Engagement of Western Australia, Hon. Peter Tinley, AM, MLA.

Virtual Festival Indonesia 2020 menampilkan pertunjukan budaya, seni tari, peragaan busana hingga video promosi merepresentasikan keindahan Indonesia baik dari sisi seni-budaya maupun keindahan paronama sebagai tujuan wisata, yang disiarkan melalui platform media digital. 

Festival dimeriahkan oleh penampilan beberapa artis papan atas (Fatur-Java Jive, Papua Original Band, Arin Wolayan & The Band, Rama Davis), fashion show Dian Oerip, penampilan seni tradisional Indonesia oleh perwakilan komunitas dari Indonesia dan Australia Barat, serta promosi virtual marketplace untuk memasarkan kuliner Indonesia ke masyarakat Australia Barat. 

Tak lupa, acara ini juga menampilkan promosi konten video pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga kompetisi memasak dan tentu berbagai hadiah menarik.

Penyelenggaraan acara ini terasa spesial mengingat di tengah-tengah pembatasan akibat pandemi COVID-19, Indonesia tetap menjalankan diplomasi budayanya, melalui pertunjukan kesenian dan tradisi Indonesia yang meriah dan dilakukan secara virtual di Facebook dan Youtube demi mencegah penyebaran virus corona.

Tujuan penyelenggaraan acara ini terutama untuk memelihara momentum exposure Indonesia sebagai salah-satu negara tujuan destinasi favorit Australia, termasuk Australia Barat, sehingga minat dan kerinduan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia dapat dipertahankan, sehingga angka kunjungan pasca pandemi nantinya dapat segera bangkit seperti semula dan meningkat pesat.

Selain itu, acara ini juga dimaksudkan sebagai ekspresi optimisme bagi berlanjutnya hubungan kerjasama yang erat antara kedua bangsa.  Virtual Indonesia Festival 2020 merupakan ikon kultural yang membuktikan kedekatan masyarakat Indonesia dan Australia.