Tips Sepele, Tetapi Sering Dilupakan Goweser

Saat ini, siapa yang tidak menyukai jenis olahraga satu ini.  Di samping menyenangkan, apalagi kalau dilakukan beramai-ramai dengan suatu komunitas, sesama teman atau keluarga.  Jenis olahraga ini juga dinilai sebagai salah satu olahraga yang memberikan manfaat bagi kebugaran fisik dan tentu saja mental.

Yaa..., sepeda, tepatnya bersepeda  atau istilah populernya sekarang Gowes, mereka yang melakukan sering disebut Goweser atau pegowes.  Siapa yang tak suka berolahraga sambil menikmati suasana perjalanan yang senantiasa berubah, apalagi kalau melewati daerah persawahan atau bahkan daerah dengan panorama yang indah, atau tantangan jalan yang berliku, bahkan naik turun menanjak.

Semua itu membuat pegowes atau goweser dapat sejenak melupakan permasalahan yang sedang dihadapi mungkin di tempat kerja, hubungan dengan sesama atau dalam keluarga.  Belum lagi jenis olahraga ini cukup menguras energi sehingga cukup banyak membakar kalori, yang tentu saja sangat membantu menjaga vitalitas tubuh kita.  

Tak ketinggalan, trend bersepeda juga merupakan bagian dari pola hidup peduli lingkungan karena dapat mengurangi potensi peningkatan emisi karbon dan pemanasan global.  Jadi, pastinya ...Go Greeen laah...

Nah, persoalannya adalah tidak jarang Goweser setelah mengekspoitasi sepedanya untuk bersenang-senang menikmati asyiknya berolahraga, justru menaruh begitu saja kendaraan kesayangannya tanpa terlebih dahulu merawatnya dengan benar.  Padahal mudah dan sederhana lho....

  

Apabila mengikuti penuturan pada video di atas, yang disajikan dengan cara sangat sederhana dan menyenangkan oleh seorang Goweser Profesional yang beberapa kali memperoleh penghargaan kejuaraan Gowes tersebut, sesungguhnya tidak sulit bahkan sangat mudah merawat sepeda yang kita sayangi.

Subhan Khadafi, itulah namanya.  Beliau kebetulan seorang Perwira Polri berpangkat Iptu (Inspektur Satu) yang bertugas di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang Jawa Tengah, yang kebetulan juga menekuni hobi olahraga sepeda atau Gowes.  Beberapa kejuaraan Gowes pernah diikutinya dan membawa pulang trofi.

Poin penting dari penjelasan beliau untuk perawatan sepeda pasca digunakan untuk berolahraga meliputi:  (1)  Perawatan Body Frame dan Handle Bar; (2) Perawatan Roda; dan (3) Perawatan Rantai dan Roda Gigi.  Alat dan bahan yang digunakan pun sederhana dan tidak banyak, yakni:  Kanebo, lap kain bersih, lap kain kotor, pelumas rantai dan air satu gayung.

Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak penjelasan tips merawat sepeda dengan baik dan benar yang sangat mudah tetapi sering kita lupakan dari video di atas.   Apabila berminat mengikuti tips-tips beliau seputar Gowes, silahkan subsicribe akun youtube-nya. pada channel youtube yang disajikan di atas  Semoga bermanfaat!!!


Artikel Terkait