Tiga Negara ASEAN Catat Tanpa Kematian Covid19


ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan kawasan negara-negara yang termasuk paling dekat dengan episentrum pandemi Covid19 di Tiongkok.  Kawasan ini secara logis akan sulit menghindari transmisi Covid19 yang diduga kuat selama ini bermula berkembang di Tiongkok.

Setidaknya ada 11 negara di kawasan ASEAN, yang sampai saat ini tak satu pun dari negara-negara tersebut lolos dari dampak penyebaran Covid19, yang membedakannya adalah besaran dampaknya diakibatkan oleh berbagai faktor termasuk demografi (kependudukan).  

Kesebelas negara-negara di kawasan ASEAN tersebut antara lain:  Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos dan Timor Leste.  Timor Leste tercatat sebagai negara terakhir yang menjadi anggota ASEAN.

Berdasarkan perkembangan penyebaran Covid19 di masing-masing negara di kawasan ASEAN tersebut, sampai saat ini hanya ada tiga negara yang mencatatkan nol angka kematian.  Ketiga negara tersebut meliputi:  Laos, Kamboja dan Timur Leste.