Postur Pertahanan Negara Wujudkan Sishankamrata

Sebagaimana dilansir dalam laman resmi Kemhan,, Universitas Pertahanan menyelenggarakan Diskusi Panel secara daring yang menghadirkan panelis dari Kemhan, tepatnya Dirjen Pothan Kemhan Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si

Diskusi Panel yang tertajuk "Kedaulatan, Keutuhan Wilayah dan Keselamatan Bangsa" itu juga dihadiri oleh Rektor Unhan Laksdya TNI Dr. A. Oktavian, S.T., M.Sc., DESD, Guru Besar Unhan Prof. Dr. Purnomo Yusgiantoro, para Panelis dan Civitas Akademika Universitas Pertahanan.

Secara umum,  Dirjen Pothan Kemhan Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si menukil apa yang pernah disampaikan oleh pahlawan nasional sekaligus tokoh militer Indonesia, Panglima Besar Jenderal Soedirman yang pada pokoknya menegaskan bahwa Negara Indonesia tidak cukup dipertahankan oleh tentara saja namun membutuhkan partisipasi rakyat secara keseluruhan atau semesta di dalamnya.

Oleh karena itu, Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta merupakan model yang dinilai paling sesuai dan sudah terbukti secara empiris dalam upaya mempertahankan kedaulatan dan keselamatan bangsa dan Negara.

Pemahanan ini relevan dengan salah satu penjabaran dari misi Kementerian Pertahanan untuk membangun Sishankamrata yang terintegrasi dan modern serta terwujudnya pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan Negara.

Konsekuensinya, dalam upaya merealisasikan sasaran strategis Kementerian Pertahanan tersebut, maka diperlukan penguatan pertahanan militer dan perrtahanan nirmiliter yang terintegrasi, dalam rangka menanggulangi berbagai macam ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar.