Pesona Kuliner Nusantara, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif


Indonesia kaya akan keragaman kuliner tradisional, yang tidak hanya kaya rasa karena biasanya disertai dengan beragam rempah, tetapi juga eksotis, baik dari segi penyajian, warna, rasa, dan klasik.  Beragam tawaran kuliner tradisional merupakan warisan asli budaya Indonesia dari berbagai suku bangsa yang juga beragam.

Kenyataan ini menegaskan bahwa keragaman kuliner tidak dapat dilepaskan dari keragaman tradisi yang melahirkannya. Di sinilah terlihat ada keterkaitan erat antara kuliner tradisional dengan industri pariwisata, terutama berkaitan eerat dengan faktor kekayaan ssosial budaya, yang pada akhirnya berpotensi melahirkan kegiatan ekonomi kreatif di dalamnya.

Poitensi ini sudah lama disadari oleh Kemenparekfaf.  Sebut saja pameran dagang terbesar Food & Hotel Indonesia dalam bidang makanan, minuman, dan perhotelan  yang diselenggarakan setiap tahun, meskipun sampai akhir tahun 2020 sepertinya event tersebut tidak akan terselenggara karena pandemi.
 
Namun untuk tahun 2021, event tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari akan diselenggarakan pada tanggal 28 - 31 Juli 2021, hari Rabu sampai Sabtu, di Jakarta International Expo, Kemayoran.  Jakarta International Expo, Kemayoran merupakan pusat pameran yang dibangun khusus yang menawarkan beberapa fasilitas pameran terkini yang tersedia di Asia Tenggara, menjadikannya tempat pameran utama di Indonesia.   

Event ini menjadi momentum penting untuk memperkenalkan kuliner asli Indonesia kepada masyarakat Indonesia dan Internasional, dengan menampilkan produk makanan dan hotel Indonesia sebagai paltform utama untuk memamerkan produk dan jasa terkininya kepada pasar Indonesia yang sedang dalam kondisi berkembang.