IHSG Lampu Hijau Pasca PSBB Baru: Ada Apa?



Beberapa media mengungkap fenomena rebound IHSG menuju trend positif sebagai indikasi respon positif pasar saham pasca pengumuman kebijakan PSBB di DKI Jakarta, setelah sebelumnya pasar menunjukkan respon sebaliknya ketika Gubernur DKI Jakarta pengumuman rencana, yang banyak disitir berbagai media sebagai PSBB Total.

Apa yang terjadi sesungguhnya?  Usut punya usut, alasan rasional yang paling mungkin adalah faktanya Pemda DKI Jakarta pada saat mengumumkan secara resmi penerapan PSBB, ternyata PSBB yang diterapkan tidak sebagaimana PSBB di awal kebijakan dulu.

Kebijakan ini ditempuh setelah terjadi komunikasi intens antara Pemda DKI Jakarta dengan Pemerintah Pusat, terkait kebijakan PSBB yang akan diterapkan, termasuk yang terjadi dalam rapat bersama.

Hasilnya, PSBB yang diumumkan kemarin ternyata jauh lebih longgar dibanding PSBB periode awal atau sebelumnya yang dikutip beberapa media sebagai PSBB Total.

Kebijakan PSBB ini masih memberikan ruang gerak yang lebih baik terhadap perekonomian dibanding PSBB awal.  Hal inilah yang secara rasional  mampu menjelaskan fenomena indeks komposit yang dicerminkan dari IHSG.