Dr. Drs. H. Bambang Usadi, SH., MM



Dr. Drs. H. Bambang Usadi, SH., MM merupakan putra asli daerah Jawa Barat, tepatnya lahir di Cicadas, Bandung tanggal 19 Oktober 1959 dari bapak seorang guru dan Ibu seorang pegawai  Pos dan Giro  yang dibesarkan, dididik dan disekolahkan di Bandung dari SD hingga Perguruan Tinggi di Bandung.

Namun takdir berkata lain, minat  dan semangat beliau untuk mengabdi kepada Negara menghantarkan beliau mengikuti pendidikan di Akabri bagian Kepolisian Semarang pada tahun 1980 hingga selesai pada tahun 1984 dan dikukuhkan sebagai Perwira Pertama dari  Kepolisian Negara Republik Indonesia yang waktu itu masih menjadi bagian dari ABRI.

Setelah 5 tahun menjalani berbagai penugasan di Polri, Dr. Drs. H. Bambang Usadi, SH., MM kembali menempuh pendidikan S1 Kepolisian di PTIK Jakarta pada tahun 1989 hingga selesai tahun 1991.

Kemudian, setelah bertugas melanjutkan lagi ke pendidikan Sekolah Pimpinan Polisi (Sespimpol) selesai tahun 2001 dan akhirnya menyelesaikan pendidikan SESPIMTI (Sekolah Pimpinan Tinggi) Polri pada tahun 2008, sementara pendidikan S2 dan S3nya di luar pendidikan di Polri diambil pada saat beliau berada di Surabaya.

Selain pendidikan tersebut di atas, Dr. Drs. H. Bambang Usadi, SH., MM juga mengikuti berbagai kursus dan diklat profesi, baik yang diselenggarakan oleh Polri, misalnya Pendidikan Perwira Brimob, Pendidikan Perwira Resmob, HAM, Atpol, Senior Leason Officer.

Sedangkan kursus yg diselenggarakan oleh PBB, seperti: Senior, kursus Human Right di Croasia, 1996, kursus 13th joint Asean Senior Police Officers Course (JASPOC), Manila-Philippines 2004, dan kursus UN “Stability Police Units High Level Course”, Vicenza-Italy, 2008.

Setelah lulus Akpol tahun 1984, penugasan pertama Dr. H. Bambang Usadi, MM ditempatkan di satuan Brimob Polda Bali, sehingga mulai saat itu hingga tahun 2003 praktis karir beliau di Kepolisian ada di satuan Brimob dengan jabatan terakhir di satuan Brimob sebagai Wadansat brimob Polda Jatim.

Karier lainnya di Brimob adalah pernah menjabat sebagai Komandan Kompi Brimob di Dili Timor Timur pada awal tahun 1987 hingga pertengahan 1989, menjadi bagian dari United Nations Civilian Police di Bosnia Herzegovina (IPTF UN-MBIH)  tahun 1996 – 1997, Operasi Keamanan di aceh sekitar 2003, dan Operasi Pemulihan Keamanan di Maluku, meski di luar penugasan di Brimob, pada bulan Agustus 1991 diangkat menjadi Kapolsekta Tambaksari Surabaya.

Tahun 2004, beliau masuk dalam ranah baru penugasan kepolisan di  luar  negeri  sebagai Atase Kepolisian/SLO Polri KBRI Manila berjalan 3 tahun  dan akhirnya kembali ke Brimob menjadi Kasat Brimob Polda Jabar tahun 2007.  Dua tahun kemudian diangkat menjadi Wakapolda Maluku.

Kemudian pada tahun 2010 masuk di lingkungan Pendidikan Kepolisian tepatnya di Akpol sebagai Direktur Akademik dan kemudian diangkat menjadi Wagub  Akpol  pada tahun 2012 dengan pangkat Bintang Satu dan sempat menjadi  Pjs Gubernur  Akpol.  Karier di pendidikan Kepolisian berlangsung hingga tahun 2013.

Penugasan barikutnya di Bakamla sebagai Komandan Satgas ii Bakamla dan merangkap Plt Inspektur Utama Bakamla hingga 2015. Pada tahun 2015 selama kira-kira satu tahun kembali ke lingkungan pendidikan di Lemdikpol.

Berselang  1 tahun kemudian diangkat menjadi Karobankum Divkum Polri hingga menjelang masa purna tugas, yang memberikan bantuan hukum kepada warga masyarakat yang merasa tidak mendapatkan perlakuan adil dari oknum anggota Polri dan juga memberikan advokasi kepada anggota Polri yang sedang menghadapi masalah hukum.

Setelah purna tugas, pengabdian beliau belum berakhir karena memegang teguh prinsip “Pengabdian Tiada Akhir”.  Beliau dipercaya dalam beberapa jabatan, termasuk aktif di PP Polri sebagai pengampu hukum, menjadi staf ahll Pj Gubernur Jabar Komjen Pol Drs. Mohammad Iriawan,SH, MM, MH dan menjalani profesi advokat di Jagratara Law Firm (JLF).  Terakhir beliau menjabat sebagai Ketua Komite Etik PSSI.dan mengambil jalan pengabdian dengan mencoba masuk ke dunia politik.

Seiring sejalan dengan masa-masa pengabdian Dr. Drs. H. Bambang Usadi, SH., MM selama di Kepolisian kepada Bangsa dan Negara hingga masa purna bhakti beliau, berbagai tanda jasa telah beliau terima, di antaranya:
  • S.L. SEROJA AJU ULANG KE-2 TH. 1989
  • S.L. KARYA BHAKTI (1988)
  • S.L. KESETIAAN 8 TH. (1992)
  • S.L. GOM IX TH. 1996
  • S.L. SANTI DHARMA KONGA XIV/B (1997)
  • S.L. IPTF UN MBIH MEDAL (BOSNIA I) TH. 1997
  • S.L. KESETIAAN 16 TH. (2001)
  • S.L. WIDYA SISTHA (2001)
  • S.L. SATRIA TAMTAMA TH. 2003
  • S.L. DHARMA NUSA TH. 2004
  • S.L. KESETIAAN 24 TH. 2007
  • S.L. BHAYANGKARA NARARIYA TH. 2007
  • UN MEDAL PBB
  • SATYALANCANA PENGABDIAN XXXII TAHUN
  • SATYALANCANA BHAKTI PURNA TH. 2017