Perekonomian Global Terindikasi Mulai Membaik



Bank Indonesia menilai perekonomian global mulai menunjukkan indikasi adanya perbaikan, meskipun di sisi lain BI membaca masih adanya ketidakpastian di pasar keuangan.

Asesmen tersebut merupakan bagian pertimbangan yang mendasari kebijakan RGD Bank Indonesia pada tanggal 18-19 Agustus 2020, yang memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 4,00%.

Keputusan RGD Bank Indonesia tersebut juga menekankan pentingnya kebijakan penyediaan likuiditas dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.  Bank Indonesia berkomitmen mendukung Pemerintah dalam upaya mempercepat realisasi APBN tahun 2020.

Indikasi perkembangan perbaikan ekonomi dinilai mulai terlihat di beberapa negara, termasuk di Tiongkok, yang menunjukkan berkurangnya dampak penyebaran pandemi Covid-19, serta kebijakan pengucuran stimulus fiskal secara besar-besaran.

Pada bagian lain, ancaman peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global lebih diakibatkan adanya kekhawatiran terhadap terjadinya gelombang kedua pandemi Covid-19, prospek pemulihan ekonomi global, dan meningkatnya ketegangan geopolitik AS dengan Tiongkok.