Begini Cara Cek Langsung Pendapatan Media Online

sumber gambar:techspot.com

Menjadi menarik, apabila ternyata ada beberapa tool atau instrumen yang dapat dimanfaatkan untuk "mengintip" potensi pendapatan media online apapun.  Instrumen atau tool tersebut sesungguhnya sudah tersedia dalam bentuk website, sehingga tinggal mengoperasikan saja secara online.

Bagi yang penasaran dengan pendapatan media online tertentu, tinggal membuka tool website "pengintip" pendapatan, kemudian memasukkan URL atau alamat situs media online yang ingin diketahui pendapatannya, dan setelah itu tinggal tekan "Ok" atau "Enter", dan blaaammmmm.....data yang kita butuhkan akan segera muncul.

Penulis ambil contoh dengan menggunakan tool yang disediakan website  StatShow.com untuk menganalisa situs detik.com,  Maka, pertama silahkan kunjungi dulu websitenya:  www.statshow.com, kemudian tinggal memasukkan  url detik.com ke kolom isian yang sudah disediakan sebelah kanan "Enter a Website or Keyword", dan tekan tanda "pencarian".

Hasil analisa untuk situs online detik,com akan menampilkan beberapa indikator dan hasilnya sebagai berikut

sumber gambar:techspot.com

Berdasarkan hasil tersebut, diketahui rata-rata kunjungan harian mencapai 6,7 juta lebih, dengan jumlah halaman yang dibaca sebanyak 10,8 juta lebih atau rata-rata per orang membaca halaman detik.com sebanyak 1,6 halaman. 

Dengan potensi pendapatan iklan mencapai $31,391.85 atau apabila menggunakan dasar kurs Rp. 14.000,- per US$, maka potensi pendapatan dari iklan mencapai sekitar 440 juta rupiah per hari.

Jadi, itulah potensi yang dimiliki detik.com berdasarkan algoritma analisa website yang disusun oleh statshow.com.   Potensi ini bisa terjadi, bisa kurang atau bisa juga bahkan lebih.  Hasil analisis ini hanya  memberikan petunjuk perkiraan.